Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Pengamat: Erick Calon Paling Potensial dari Klaster Menteri

Selasa 07 Dec 2021 05:30 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Mas Alamil Huda

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Erick dinilai sebagai kandidat paling potensial di antara para menteri di kabinet saat ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Erick dinilai sebagai kandidat paling potensial di antara para menteri di kabinet saat ini.

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Erick Thohir dinilai punya banyak prestasi dan capaian selama menjabat menteri BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan, sosok Menteri BUMN Erick Thohir merupakan calon presiden dan calon wakil presiden dari klaster menteri yang potensial untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Pangi mengatakan, Erick Thohir dinilai memiliki banyak prestasi dan capaian selama menjabat sebagai menteri BUMN.

Menurut dia, hal tersebut merupakan modal awal untuk elektoral Erick Thohir pada Pemilu 2024. "Prestasi dan capaian Erick Thohir saat ini adalah bagian dari bonus elektoral modal untuk Pilpres 2024," kata Pangi saat dikonfirmasi Republika.co.id, Senin (6/12).

Baca Juga

Dalam survei yang dilakukan Voxpol pada Juli kemarin, diketahui bahwa Erick Thohir adalah salah satu menteri dengan kinerja yang dianggap publik terbaik. Survei simulasi Voxpol Center pun menempatkan Ganjar Pranowo bersama Erick sebagai calon duet pasangan terkuat pada Pilpres 2024 dengan elektabilitas 32,6 persen. 

Sementara itu Anies Baswedan dan Puan Maharani di angka 24,8 persen, dan AHY-Muhaimin Iskandar 10,8 persen. Survei menyisakan undecided voters atau belum menentukan pilihan sebesar 31,9 persen.

Hasil survei tersebut senada dengan hasil survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia. Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia melakukan beberapa simulasi dalam surveinya. 

Pertama, jika Pilpres 2024 diikuti oleh tiga pasangan, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Menteri BUMN Erick Thohir, lalu pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, serta pasangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani, hasilnya masing-masing pasangan ini yakni Anies-Erick memperoleh 28,2 persen, Ganjar-Airlangga 28,8 persen, sedangkan Prabowo-Puan 29,6 persen.

Kedua, jika simulasi diubah, jika sebelumnya Ganjar dengan Airlangga, lalu Ganjar berpasangan dengan Erick Thohir pun tidak berbeda jauh. Ganjar-Erick 31,1 persen, Anies-Sandiaga 30,8 persen, Prabowo-Puan 28,1 persen.

Dalam survei yang sama, Erick juga masuk dalam lima menteri dengan kinerja terbaik dengan 8,1 persen. Posisi Erick berada di bawah Menteri Sosial Tri Rismaharini (12,5 persen), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (12,3 persen), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (9,2 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (9,2 persen).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA