Sunday, 20 Jumadil Akhir 1443 / 23 January 2022

Everton Kolaps, Direktur Olahraga Michael Brands Mundur

Senin 06 Dec 2021 08:18 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Mantan direktur sepak bola Everton Michael Brands.

Mantan direktur sepak bola Everton Michael Brands.

Foto: EPA/REMKO DE WAAL
Posisi Everton berada di peringkat 16 klasemen Liga Primer Inggris dengan nilai 15.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur sepak bola Everton Marcel Brands telah meninggalkan klub, dengan alasan perbedaan yang jelas dalam visi dan arah. Pelatih berusia 59 tahun itu mengambil alih tugas dari Steve Walsh pada 2018, menandatangani kontrak tiga tahun. Dia kemudian menyepakati perpanjangan tiga tahun pada April.

Brands sebelumnya bekerja sebagai direktur sepak bola di PSV Eindhoven, menghabiskan delapan tahun di sana setelah bergabung pada 2010. Sebelumnya, ia memegang peran yang sama di AZ Alkmaar dan RKC Waalwijk.

Baca Juga

Everton telah berjuang musim ini setelah jendela transfer musim panas yang mengecewakan dan belum pernah memenangkan pertandingan liga sejak mengalahkan Norwich pada 25 September. Pelatih Rafael Benitez telah berada di bawah pengawasan ketat menyusul kekalahan dari Liverpool pada derby Merseyside dan kekalahan baru-baru ini melawan Watford, Wolves, dan Brentford. Kini Everton berada di posisi 16 klasemen dengan nilai 15, hanya terpaut lima angka dari zona degradasi.

"Klub Sepak Bola Everton dapat mengonfirmasi bahwa Marcel Brands telah meninggalkan jabatannya sebagai Direktur Sepak Bola," tulis pernyataan klub dikutip dari the Athletic, Senin (6/12).

Brands bergabung dengan Everton dari PSV Eindhoven pada Juni 2018 dan diangkat ke dewan klub pada 2019. "Pemilik dan direktur ingin mengucapkan terima kasih kepada Marcel atas layanan yang telah dia berikan kepada klub selama tiga setengah tahun terakhir dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya," tambah pernyataan tersebut.

Sebuah tinjauan strategis dari struktur sepak bola sekarang akan dilakukan yang akan menginformasikan model terbaik bagi klub untuk dilanjutkan dalam jangka panjang. "Sementara itu, pemilik dan dewan direksi akan terus memberikan dukungan penuh kepada manajer kami, Rafa Benitez," kata pernyataan itu.

Di lain pihak, Marcel Brands mengakui, setelah percakapan pribadi dengan ketua dan sesama anggota dewan, semua sepakat bahwa ia akan mundur dari jabatan direktur sepak bola dan sebagai anggota Dewan Klub Sepak Bola Everton.

"Keputusan ini telah mengambil beberapa waktu dan beberapa pertimbangan dan merupakan salah satu yang paling sulit yang saya hadapi dalam karier saya. Dewan dan saya setuju bahwa ada perbedaan yang jelas dalam visi dan arah untuk klub yang indah ini dan, dengan pemikiran itu, keputusan telah diambil " kata Brands.

Ia berterima kasih kepada semua orang di Everton yang telah bekerja sama dengannya selama tiga setengah tahun terakhir. Ia menegaskan, ada banyak orang berbakat di Everton dengan semangat dan komitmen besar untuk memajukan klub, baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Saya ingin mendoakan semua skuat sukses, dan saya yakin ada kualitas yang cukup untuk memperbaiki situasi saat ini dengan cepat. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk bekerja di klub yang fantastis ini dan saya berharap semua orang yang terkait dengan Everton mendapatkan yang terbaik untuk masa depan," ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA