Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Beredar Poster Film Omicron Variant Sejak 1963, Ini Faktanya

Senin 06 Dec 2021 01:34 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Ini fakta di balik beredarnya poster film Omicron Variant 1963 (ilustrasi).

Ini fakta di balik beredarnya poster film Omicron Variant 1963 (ilustrasi).

Foto: Tangkapan layar.
Sebuah twit menunjukan poster bertuliskan film fiksi ilmiah 1963 The Omicron Variant.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pada era digital, sudah menjadi fenomena umum di mana internet bisa menjadi gudang misinformasi. Sekarang beredar gambar poster yang diduga merupakan film tentang varian Covid-19 omicron yang sedang menjadi kekhawatiran global saat ini.

Dilansir di laman Looper, Ahad (5/12), poster tersebut berjudul The Omicron Variant. Gambar itu dibagikan oleh twit seorang pengguna Twitter, baru-baru ini. Twit itu menunjukan poster bertuliskan film fiksi ilmiah 1963 The Omicron Variant. Omicron jadi varian virus yang saat ini dicemaskan penduduk dunia.

Baca Juga

Seorang pengguna Twitter menyiratkan bahwa adanya film tersebut adalah bukti konspirasi. “Kebetulan?" tulis pengguna tersebut. Poster itu kian viral di media sosial dalam berbagai bahasa. Tidak sedikit warganet yang menganggap poster itu asli. 

Namun rupanya, tidak ada film serupa yang rilis pada 1963 dengan judul tersebut. Artinya, poster tersebut palsu dan dibuat oknum tertentu.

Penelusuran IMDb menunjukkan bahwa tidak ada film yang berjudul The Omicron Variant. Lebih jauh lagi, seperti yang ditunjukkan dengan jelas oleh laporan AFP Argentina/AFP Canada, poster itu telah diubah dari poster asli yaitu Fase IV. Itu merupakan film tentang semut pembunuh karya desainer grafis terkenal Saul Bass. 

Penggemar film tentu akrab dengan Bass, tidak hanya dari Fase IV tetapi dari karyanya yang lain. Sebut sana beberapa film klasik, termasuk Psycho yang disutradarai Alfred Hitchcock. Nama Bass serta nama-nama pemeran Fase IV juga disertakan untuk poster Omicron Variant. Jadi, sangat jelas bahwa itu poster palsu yang diedit. 

Belum sampai di situ, AFP bahkan melacak pembuat poster palsu tersebut. Sumber tersebut mengatakan editan poster itu hanya bentuk lelucon karena varian omicron terdengar seperti film fiksi ilmiah tahun 1970-an. Dia juga mengaku bukan golongan antivaksin.

“Saya tidak mengharapkan siapa pun untuk menganggapnya serius, dan saya bukan anti-vaxxer," kata Becky Cheatle, yang awalnya membuat Photoshop gambar tersebut. 

Dia juga telah mengklarifikasi hal ini melalui cicitan “Tolong jangan terpengaruh karena lelucon bodoh saya”. Jadi jelas bahwa tidak ada film pada tahun 1963 berjudul The Omicron Variant.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA