Ahad 05 Dec 2021 16:37 WIB

Wakil Ketua LPSK Jadi Ketua Iluni UIN Imam Bonjol Padang

Wakil Ketua LPSK Maneger Nasution pimpin Iluni UIN Imam Bonjol

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Wakil Ketua LPSK Maneger Nasution pimpin Iluni UIN Imam Bonjol. Maneger Nasution
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Wakil Ketua LPSK Maneger Nasution pimpin Iluni UIN Imam Bonjol. Maneger Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI,  Maneger Nasution, terpilih menjadi Ketua umum Ikatan Alumni (Iluni) Univeritas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang periode 2021-2026.

Maneger terpilih sebagai ketua umum dalam Musyawarah Besar (Mubes) Iluni UIN Imam Bonjol yang digelar pada Sabtu (4/12).

Baca Juga

"Iluni merupakan organisasi sosial yang memerlukan kesadaran dan kepedulian tinggi, sebagai ketua umum saya akan fokus pada tiga hal dalam waktu dekat," kata Maneger dalam keterangan tertulis yang diterima di Padang, Ahad (5/12).

Ketiga hal tersebut, kata dia, yaitu pertama adalah mengajak para mahasiswa untuk membangun kebanggaan sebagai keluarga besar UIN Imam Bonjol Padang.

Kemudian menguatkan koneksi antarsesama alumni agat saling membantu baik untuk alumni sendiri maupun mahasiswa dalam berbagai bidang baik pendidikan, ekonomi, dan lainnya.

Terakhir, dia menyatakan akan memvalidkan data alumni demi memetakan kekuatan serta potensi yang ada.

Maneger juga memastikan bahwa dirinya tidak akan menarik organisasi ke ranah politik praktis, karena dirinya bukanlah orang politik dan tidak punya basis politik di Sumbar.

Alumni Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol itu ditetapkan sebagai ketua umum Iluni dalam agenda pleno ke 4 yang dipilih oleh tujuh formatur. 

Maneger saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua LPSK RI periode 2019-2024, dan pernah menjadi anggota Komnas HAM RI pada 2012-2017.

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi yang hadir dan membuka acara Mubes mengharapkan para alumni UIN ikut andil dalam memajukan ekonomi Sumbar.

"Kami harapkan peran para alumni. Karena saat ini pemerintah juga konsen menjadikan Sumbar sebagai pusat keuangan syariah, wisata halal, dan industri halal," jelasnya.

Keberadaan UIN IB, kata Mahyeldi, adalah yang paling kuat, erat untuk membangun perekonomian Sumbar. Karena UIN dihadirkan untuk menjaga falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Apalagi UIN memiliki fakultas ekonomi bisnis Islam.

"Mari kita sama-sama bersinergi dalam memberikan dorongan dan penguatan untuk Sumbar ke depan," jelasnya. 

Wakil Sekretaris Pengurus Pusat (PP) Iluni IAIN/UIN Panitia Mubes Iluni UIN Imam Bonjol, Nasrul A, mengatakan pelaksanaan Mubes  diawali dengan vaksinasi massal pada Jumat (3/12), di Aula Mansur Dt Nagari Basa UIN Imam Bonjol di Jalan M Yunus Lubuk Lintah. 

Kemudian seminar nasional bertemakan Konsolidasi Alumni, Bersinergi untuk Negeri Sabtu (4/12) pagi. Narasumbernya Anggota DPD RI Emma Yohana, Wakil Ketua ICMI Shofwan Karim, Wakil Ketua LPSK Manager Nasution, Ketua Senat UIN Imam Bonjol dan moderator Adel Wahidi (Asisten Ombudsman Sumbar).    

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement