Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Mau Ganti RAM Komputer? Perhatikan Hal Ini

Senin 06 Dec 2021 03:06 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi memasang RAM komputer.

Foto:
RAM adalah salah satu komponen yang paling mudah dipasang sendiri.

Berikut ini panduan memasang RAM:

1. Cabut koneksi daya, cabut kabel panel belakang lainnya sehingga Anda bisa memasang RAM dengan aman.

2. Lepaskan panel samping (biasanya di sebelah kiri) untuk mendapatkan akses penuh ke bagian dalam untuk menemukan slot RAM. Slot RAM panjang dan biasanya berada di sebelah kanan prosesor dan pendinginnya yang tebal.

3. Lihat di manual motherboard Anda untuk menentukan slot yang benar di mana memori baru Anda seharusnya berada. Pastikan Anda meletakkan slot dengan benar. 

Saat Anda yakin stik RAM telah terpasang dengan benar, tekan bagian tepinya dengan ibu jari Anda hingga stik terkunci pada tempatnya.

Saat melakukannya, sayap menjepit dan menahan memori dengan aman. Jika stik tidak mudah diklik pada tempatnya, pastikan stik Anda berorientasi dengan benar. Memaksa RAM tidak berbaris dengan benar dapat merusak motherboard. Jika ragu, periksa kembali.

4.  Setelah semua stik masuk ke slotnya, pastikan bahwa klip sayap terkunci. Jika semuanya benar, tutup PC. Selanjutnya, pasang kembali semua kabel dan boot sistem. 

Jka terjadi kesalahan, komputer tidak akan menyala ketika reboot. Jika itu terjadi, ulangi langkah-langkah di atas dan pastikan stik baru terpasang dengan benar di soketnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA