Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Mau Ganti RAM Komputer? Perhatikan Hal Ini

Senin 06 Dec 2021 03:06 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi memasang RAM komputer.

Ilustrasi memasang RAM komputer.

Foto: digitaltrends
RAM adalah salah satu komponen yang paling mudah dipasang sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasang lebih banyak RAM atau RAM yang lebih cepat  adalah salah satu cara peningkatan kinerja komputer atau PC termudah yang dapat Anda lakukan. Jika memiliki komputer yang murah atau lebih lama, meningkatkan RAM memungkinkan Anda menjalankan aplikasi yang lebih intensif, membuka lebih banyak tab di browser, dan membuat PC terasa lebih cepat secara keseluruhan. 

Dilansir dari Digital Trends, Ahad (5/12), meningkatkan RAM hanya membutuhkan beberapa menit. Sebelum Anda meningkatkan RAM sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Baca Juga

Dukungan memori tidak universal, jadi sebaiknya periksa manual motherboard sebelum mengambil satu set RAM yang baru. Biasanya Anda dapat menemukan nomor model motherboard yang tercetak. Gunakan itu untuk menemukan manual online, di mana Anda akan menemukan daftar modul memori yang disetujui. 

Selain itu, Anda akan menemukan kapasitas dan batas kecepatan. Batas motherboard terbatas. Pastikan untuk tidak membeli secara berlebihan dalam hal kecepatan atau kapasitas jika motherboard Anda tidak dapat mendukungnya. 

Kebanyakan motherboard modern mendukung DDR4, mulai dari 2.133MHz di batas bawah, hingga 4.700MHz dan seterusnya di batas paling atas. Jika PC Anda agak tua, sistem Anda mungkin hanya mendukung memori DDR3 atau bahkan DDR2. 

Pabrikan umum seperti MSI dan Gigabyte mencantumkan spesifikasi ini dengan daftar motherboard mereka. Misalnya, ASRock Z370 Killer SLI mendukung hingga 64GB memori DDR4 hingga kecepatan 4.266MHz, sedangkan MSI X470 Gaming Plus mendukung hingga 64GB DDR4 hingga 3.466MHz. 

Perlu diingat bahwa RAM adalah salah satu komponen yang paling mudah dipasang, tetapi listrik statis selalu menjadi perhatian. Sebelum Anda memasang RAM baru, pastikan Anda mengenakan sepatu bersol karet untuk mencegah dari kesetrum.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA