Friday, 18 Jumadil Akhir 1443 / 21 January 2022

Liga Spanyol: Xavi Rasakan Kekalahan Pertama di Barcelona

Ahad 05 Dec 2021 00:12 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Real Betis Juanmi  (kiri) menjebol gawang Barcelona dalam pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (4/12). Betis menang 1-0 dan menjadi kekalahan pertama Xavi Hernandez sebagai pelatih.

Pemain Real Betis Juanmi (kiri) menjebol gawang Barcelona dalam pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (4/12). Betis menang 1-0 dan menjadi kekalahan pertama Xavi Hernandez sebagai pelatih.

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Real Betis mengalahkan Barcelona 1-0 dalam lanjutan La Liga Spanyol lewat gol Juanmi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Xavi Hernandez merasakan kekalahan pertama sebagai pelatih Barcelona. Barca terjungkal saat menjamu Real Betis dalam lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (4/12). Gol Juanmi cukup memastikan kemenangan Betis 1-0 atas Barcelona.

Atas hasil ini, Betis naik ke posisi ketiga dengan nilai 30 dari 16 laga. Sementara Barcelona tertahan di posisi tujuh dengan 23 poin dari 15 pertandingan. Ini merupakan kekalahan keempat Blaugrana musim ini di La Liga Spanyol dan yang pertama sejak Xavi mengambil alih posisi pelatih dari Ronald Koeman. 

Baca Juga

Jalannya laga

Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen sudah dibuat sibuk mengamankan gawangnya saat laga baru berusia dua menit. Ia menggagalkan penyelesaian Juanmi atas umpan silang Hector Bellerin.

Barcelona balas menekan melalui tembakan jarak jauh Philippe Coutinho yang belum tepat sasaran. Lantas mantan bintang Liverpool itu kembali gagal mengonversi peluang dari umpan tarik Jordi Alba karena penyelesaiannya bisa dihalau oleh kiper Rui Silva.

Babak pertama berakhir tanpa gol. Sorotan utama justru mengarah pada talenta 17 tahun Barca, Gavi, yang harus meninggalkan lapangan setelah kepalanya terkena bola sapuan keras Bellerin pada menit ke-30.

Tujuh menit memasuki babak kedua gawang Barcelona bobol lantaran Ter Stegen terkecoh umpan silang Aitor Ruibal dan bola dimanfaatkan Juanmi. Namun beruntung bagi tuan rumah, gol itu belakangan dianulir karena offside.

Xavi berusaha mengubah keadaan dengan melakukan pergantian ganda, memasukkan Ousmane Dembele dan Frenkie de Jong, masing-masing menggantikan Coutinho dan Nico Gonzalez pada menit ke-58. Taktik itu tampaknya akan membuahkan hasil sebab tiga menit kemudian Dembele nyaris membuka keunggulan Barcelona, sayang tembakannya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Dembele mengambil alih peran sebagai motor serangan utama Barca, tapi di waktu bersamaan ia gagal menyajikan penyelesaian akhir yang bagus dan berkali-kali membuang peluang. Kegagalan-kegagalan itu harus dibayar mahal. Sebab pada menit ke-79, lini belakang Barcelona kewalahan mengantisipasi serangan balik Betis yang dipimpin Sergio Canales dan Juanmi mencetak gol untuk membawa tim tamu memimpin.

Setelah menerobos lini pertahanan Barcelona, Canales mengirimkan bola kepada Cristian Tello yang cermat meneruskannya kepada Juanmi. Ia bebas tanpa kawalan untuk menaklukkan Ter Stegen.

Barcelona mencoba menyamakan kedudukan, tetapi tidak ada gol yang tercipta pada sisa laga. Sayangnya penguasaan bola yang mencapai hampir 63 persen menjadi tak berarti karena Betis membawa pulang tiga poin dari Camp Nou dan memberikan kekalahan pertama bagi Xavi sebagai pelatih Barcelona.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA