Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Vaksinasi Covid-19 di Pamekasan Sasar Ibu Hamil

Ahad 05 Dec 2021 05:50 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil ini guna memperluas cakupan vaskinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mulai menyasar ibu hamil. Hal itu guna membentuk kekebalan komunitas dan memperluas cakupan vaksinasi di wilayah itu.

"Ada 21 ibu hamil yang telah divaksinasi sesuai dengan laporan masing-masing petugas puskesmas hingga saat ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanganan Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan dr Nanang Suyanto di Pamekasan, Sabtu (4/12).

Baca Juga

Ia menjelaskan ke-21 ibu hamil itu telah disuntik vaksin dosis pertama, sedangkan yang disuntik vaksin dosis kedua sebanyak 17 orang. Pelaksanaan vaksinasi pada ibu hamil ini, sama dengan pelaksanaan vaksinasi pada masyarakat umum, yakni di puskesmas atau di lokasi vaksinasi massal yang sering digelar Satgas Covid-19 Pemkab Pamekasan.

Nanang menjelaskan, vaksinasi dengan sasaran ibu hamil ini juga merupakan upaya Dinkes Pamekasan untuk memperluas cakupan vaksinasi. Sebab daerah itu hingga kini tercatat sebagai kabupaten terendah dalam pelaksanaan vaksinasi.

Selain ibu hamil, kata Nanang, kelompok masyarakat lainnya yang juga menjadi sasaran vaksinasi adalah kelompok warga lanjut usia, kalangan pelajar, mahasiswa serta warga penyandang disabilitas. Untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, Dinkes Pamekasan bekerja sama dengan dinas pendidikan dan kebudayaan serta perguruan tinggi.

Untuk warga lanjut usia, kata Nanang, bekerja sama dengan TNI dan Polri.  Sedangkan vaksinasi untuk ibu hamil, Dinkes Pamekasan bekerja sama dengan organisasi kewanitaan dan kader posyandu di masing-masing kecamatan.

 

 

sumber : ANTARA
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA