Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Polda Jatim Kirim Ratusan Personel Bantu Atasi Dampak Erupsi

Sabtu 04 Dec 2021 20:06 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko.

Foto: Dok Humas Polri
Kantor Polsek Candipuro kini menjadi tempat pengungsian warga yang terdampak erupsi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyatakan, pihaknya telah mengirimkan satuan setingkat kompi (SSK) dari Satbrimob dan satu SSK Samapta Polda Jatim untuk membantu mengatasi dampak erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12). Pihaknya juga menjadikan Kantor Polsek Candipuro sebagai salah satu tempat pengungsian warga yang terdampak erupsi tersebut.

"Satu SSK Satbrimob dan 1 SSK Samapta Polda Jatim kami BKO-kan ke Polres Lumajang," ujar Gatot di Surabaya, Sabtu (4/12).

Baca Juga

Gatot pun mengungkapkan titik-titik yang saat ini dijadikan tempat pengungsian warga terdampak erupsi. Di antaranya di pertigaan Jalan Pronojiwo, Desa Supit Urang, Balai Desa Sumber Wuluh, dan Balai Desa Kamarkajang di Candipuro.

Gatot juga mengungkapkan beberapa perlengkapan yang saat ini dibutuhkan pengungsi. Mulai masker hingga makanan siap saji. "Kebutuhan darurat sementara masker, makanan dan minuman siap saji, jas hujan, terpal, dan selimut," ujarnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, pihaknya langsung berkoordinasi terkait kondisi dan situasi situasi terkini warga di sekitar Gunung Semeru, setelah terjadinya erupsi pada Sabtu (4/12). Khofifah menyatakan, saat ini tim Tagana telah bergerak untuk melakukan pengecekan infrastruktur yang terdampak erupsi tersebut.

"Tagana bergerak. Lagi dicek infrastruktur yang dari Malang ke Lumajang. Karena ada info jembatan yang mungkin harus dicek ulang," ujarnya.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA