Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Gunung Semeru Erupsi, Dua Kecamatan Lumajang Gelap Gulita

Sabtu 04 Dec 2021 17:02 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Reiny Dwinanda

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran, Sabtu (4/12). Dua kecamatan di Lumajang, Jawa Timur gelap gulita akibat hujan abu vulkanik dari letusan Semeru.

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran, Sabtu (4/12). Dua kecamatan di Lumajang, Jawa Timur gelap gulita akibat hujan abu vulkanik dari letusan Semeru.

Erupsi Semeru menghasilkan hujan abu vulkanik yang cukup tebal.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Gunung Semeru mengalami erupsi yang disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal pada Sabtu (4/12). Dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pun terpantau gelap gulita, Sabtu sore.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Yadi Yuliandi membenarkan adanya awan panas guguran di Gunung Semeru, seperti yang terlihat di sejumlah video yang beredar di media sosial (medsos). Mengenai informasi suara gemuruh, Yadi mengaku belum mengetahui pasti.

Baca Juga

"Karena bercampur banjir, kita belum mengetahui informasi pastinya. Nanti akan kami informasikan kembali," jelasnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (4/12).

Berdasarkan hasil pengamatan sementara, visual Gunung Semeru tidak terlihat. Hal ini karena gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu tertutup kabut tebal hingga berita ini dibuat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA