Jumat 03 Dec 2021 23:39 WIB

Sambungan Listrik Gratis Daerah Miskin Ekstrem Dipercepat

Aliran listrik diharapkan jadi fasilitas warga memulai usaha agar keluar dari kemiski

Pekerja memasang instalasi listrik di desa (ilustrasi). Sambungan listrik di desa miskin ekstrem dipercepat.
Foto: Antara/Yusran Uccang
Pekerja memasang instalasi listrik di desa (ilustrasi). Sambungan listrik di desa miskin ekstrem dipercepat.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mempercepat penyelesaian pemasangan sambungan listrik secara gratis di lima kabupaten yang tingkat kemiskinannya masuk kategori ekstrem.

"Hal itu merupakan salah satu langkah pengentasan kemiskinan ekstrem di Jateng, khususnya di bidang listrik. Kami sudah melakukan yang seperti ini di Kabupaten Pemalang dan Brebes, selanjutnya Banyumas, Banjarnegara, serta Kebumen," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko di Semarang, Jumat (3/12).

Baca Juga

Melalui pemasangan sambungan listrik gratis itu, Kementerian ESDM ingin masyarakat memiliki sarana untuk membuat usaha agar bisa meningkatkan kesejahteraan serta keluar dari zona kemiskinan ekstrem.

"Listrik yang kami sambungkan ke saluran rumah tangga insya Allah akan menjadi alat produksi berikutnya. Jadi kalau rakyat sudah menggunakan listrik untuk berusaha, setelah berusaha tidak lagi miskin," ujar Sujarwanto.

Kendati demikian, dirinya mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi kendala pihaknya untuk melakukan pemasangan sambungan listrik gratis di masyarakat akibat adanya perbedaan data. Ia mencontohkan adanya praktik "pinjam nama" yang dilakukan oleh oknum masyarakat untuk mendapatkan akses listrik sehingga nama yang dipinjam saat masuk ke dalam daftar, tidak bisa dilayani pemasangan sambungan listriknya.

"Yang mau dipasang listrik tidak bisa karena yang bersangkutan sudah dipinjam nama oleh orang lain, dipasang di rumah tangga lain. Hal ini lah kemudian kita rapatkan supaya kita yakin betul supaya semua rumah tangga kita di Jateng memiliki sambungan listrik ," kata Sujarwanto.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen meminta semua pihak menyikapi perbedaan data ini dengan serius. Ia menegaskan, data kemiskinan ekstrem yang diberikan tersebut telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

"Yang paling penting itu utamanya BDT-nya (Basis Data Terpadu) harus diubah. Jangan sampai ada masyarakat lagi pinjam KK untuk pasang listrik orang lain," ujar Taj Yasin.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement