Tuesday, 22 Jumadil Akhir 1443 / 25 January 2022

Tuesday, 22 Jumadil Akhir 1443 / 25 January 2022

Presidensi G20, Tunjukkan Kepercayaan pada Indonesia

Jumat 03 Dec 2021 21:34 WIB

Red: Gita Amanda

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso (Kemenko Perekonomian).

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso (Kemenko Perekonomian).

Foto: Kemenko Perekonomian
Indonesia mendapatkan kehormatan dan kepercayaan untuk menjadi Presidensi G20

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, Presidensi G20 Indonesia merupakan sebuah kepercayaan dari anggota G20 dan juga suatu penghormatan bagi Indonesia untuk memimpin G20. Utamanya hal ini terjadi di masa pandemi.

"Dengan harapan Indonesia bisa memberikan andil yang sangat besar terutama exit policy dari pandemi Covid-19 yang akan berperan besar dalam menentukan arah kebijakan ke depan," kata Susiwijono di Jakarta, Jumat (3/12).

Baca Juga

Ia memaparkan, Indonesia patut berbangga pada saat seperti ini Indonesia mendapatkan kehormatan dan kepercayaan untuk menjadi Presidensi G20.

Sesuai tema besar yang diusung adalah Recover Together, Recover Stronger, artinya Indonesia ingin pulih bersama-sama dengan seluruh negara di dunia, di berbagai sektor. Dengan tema tersebut Indonesia ingin mewujudkan pemulihan ekonomi global menjadi lebih kuat dan berkelanjutan. Jadi, ini tema besarnya," ujar Susiwijono, seperti dalam siaran persnya, Jumat (3/12).

Ditambahkannya, Presidensi G20 Indonesia merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi global. Dengan partisipasi aktif membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berlanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Presidensi G20 Indonesia diharapkan dapat memberikan semangat baru untuk mewujudkan tatanan dunia yang bukan hanya memberikan kesejahteraan dan kemakmuran, namun juga menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Presidensi G20 Indonesia akan fokus untuk membawa tiga isu pembahasan strategis yaitu penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan. Presidensi G20 Indonesia menjadi momentum untuk meningkatkan diplomasi ekonomi melalui upaya menciptakan arsitektur ekonomi dan kesehatan global pascakrisis.

"Jadi tiga isu ini nanti akan mengerucut bahwa kita semua negara-negara di dunia ingin pulih bersama-sama," kata Susiwijono.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA