Jumat 03 Dec 2021 20:58 WIB

Iran Ajukan Rancangan Penghapusan Sanksi di Perundingan Wina

Iran mengajukan dua rancangan utama terkait penghapusan sanksi dan komitmen nuklir

Iran mengajukan dua rancangan utama terkait penghapusan sanksi dan komitmen nuklir dalam perundingan di Wina.
Iran mengajukan dua rancangan utama terkait penghapusan sanksi dan komitmen nuklir dalam perundingan di Wina.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Iran telah mengajukan dua rancangan utama terkait penghapusan sanksi dan komitmen nuklir kepada pihak-pihak Eropa yang saat ini mengadakan pembicaraan di Wina untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015. Negosiator utama Iran Ali Bagheri-Kani membuat pengumuman pada Kamis pagi setelah empat hari negosiasi yang intens antara Iran dan negara-negara P4+1.

Diplomat senior Iran mengatakan kepada wartawan bahwa pihak lain, mengacu pada Eropa, perlu "mempelajari" rancangan yang disampaikan oleh Iran dan kembali untuk "diskusi serius". "Jika mereka siap untuk melanjutkan pembicaraan, kami berada di Wina untuk melanjutkan pembicaraan," kata Bagheri.

Baca Juga

Dia menambahkan, draf pertama adalah tentang tuntutan Iran agar sanksi dicabut, sedangkan draf kedua tentang komitmen dan kegiatan nuklir Iran. Pembicaraan putaran ketujuh dilanjutkan pada Senin besok setelah jeda lima bulan di mana ada perubahan pemerintah baru di Teheran.

Selama pembicaraan pada Senin, delegasi Iran dikabarkan akan membuat pernyataan yang kuat untuk penghapusan sanksi dan memprioritaskannya di atas masalah lain. Bagheri bersikeras bahwa langkah-langkah yang diambil oleh Teheran sejak Mei 2019, setahun setelah penarikan AS, telah "dalam kerangka" kesepakatan nuklir 2015.

Enrique Mora, perwakilan utama Uni Eropa yang ikut memimpin pertemuan dengan Bagheri, mencatat "rasa urgensi" tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir tetapi merujuk pada banyak "masalah politik dan teknis" yang menghambat upaya tersebut. Pada Selasa dan Rabu, pertemuan tingkat ahli dari dua kelompok kerja – penghapusan sanksi dan masalah nuklir – dibahas oleh para pihak.

Menyusul penyerahan draf, Bagheri pada Kamis mengadakan pertemuan dengan Enrique Mora serta para perunding dari negara-negara E3 – Prancis, Jerman, dan Inggris. Dia juga diperkirakan akan bertemu dengan kepala pengawas nuklir PBB, Rafael Grossi, di kemudian hari untuk membahas kedua rancangan tersebut.

Pada Rabu, ada laporan bahwa pihak-pihak Eropa telah menyerukan diakhirinya putaran terakhir pembicaraan di Wina, meminta batas waktu dan tenggat waktu. Iran telah menanggapi dengan mengatakan pihaknya bersedia untuk melanjutkan pembicaraan "selama diperlukan", dengan fokus pada pencabutan sanksi.

Yang penting, sementara prioritas utama Iran dalam pembicaraan ini adalah penghapusan sanksi, AS telah meminta Teheran untuk terlebih dahulu kembali ke kepatuhan penuh pada kesepakatan dan membalikkan semua tindakan nuklir baru-baru ini.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/iran-ajukan-rancangan-penghapusan-sanksi-selama-negosiasi-nuklir-di-wina/2437283
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement