Sabtu 04 Dec 2021 02:36 WIB

Desa Berdaya Manfaatkan Limbah Pertanian Untuk Ternak

Keterbatasan pakan ternak dapat diatasi dengan bahan pakan alternatif

potensi pertanian/industri maupun limbahnya dapat dioptimalkan penggunaannya sebagai bahan pakan ternak.
Foto: istimewa
potensi pertanian/industri maupun limbahnya dapat dioptimalkan penggunaannya sebagai bahan pakan ternak.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Pakan merupakan salah satu sarana produksi yang amat penting dan sangat strategis, karena kecukupan dan mutunya yang secara langsung berkorelasi dengan performan ternak. Keterbatasan pakan dapat menyebabkan daya tampung ternak pada suatu daerah menurun atau dapat menyebabkan gangguan produksi dan reproduksi.

Hal ini dapat diatasi bila potensi pertanian/industri maupun limbahnya dapat dioptimalkan penggunaannya sebagai bahan pakan ternak.“Penggunaan bahan pakan alternatif sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal, antara lain bahan pakan tersebut tersedia dalam satu tempat dalam jumlah yang banyak, sehingga untuk memperolehnya tidak membutuhkan biaya yang besar, di Desa BSI Pamoyanan sendiri sebenarnya lokasi pertanian itu sangat terbatas, tetapi ketika ada limbah pertanian seperti jagung dan singkong kami manfaatkan untuk pakan Domba,” ujar Elan Jaelani, Fasilitator Desa BSI Pamoyanan, Selasa (30/11).

Baca Juga

Di sekitar Markaz Domba, yaitu lokasi pemberdayaan Rumah Zakat dan BSI masih banyak petani yang menanam Jagung dan Singkong, sehingga limbahnya bisa dimanfaatkan. Limbah pertanian adalah bagian tanaman pertanian diatas tanah atau bagian pucuk, batang yang tersisa setelah dipanen atau diambil hasil utamanya dan merupakan pakan alternatif yang digunakan sebagai pakan ternak.

Berbagai hasil ikutan pertanian dapat dijadikan sebagai sumber bahan pakan baru baik untuk ternak ruminansia maupun ternak unggas. Sumber limbah pertanian diperoleh dari komoditi tanaman pangan, dan ketersediaanya dipengaruhi oleh pola tanam dan luas areal panen dari tanaman pangan tersebut. Jenis limbah pertanian sebagai sumber pakan antara lain  limbah tanaman padi, tanaman jagung, tanaman kedelai, tanaman kacang tanah, tanamanSingkong/ubi kayu, tanaman ubi jalar, dan lainnya.

Pemberdayaan Ekonomi, khususnya peternakan menjadi salah satu sektor yang ada dalam pemberdayaan masyarakat di Pamoyanan, sehingga apabila ada limbah pertanian, peternak langsung menghubungi petani tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement