Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Jakarta Noodles Map, Panduan Berburu Mi di Ibu Kota

Jumat 03 Dec 2021 20:40 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Jakarta Noodles Map merupakan peta kuliner yang jadi panduan berburu mi di Jakarta.

Jakarta Noodles Map merupakan peta kuliner yang jadi panduan berburu mi di Jakarta.

Foto: dok. Feastin' Indonesia
Jakarta Noodles Map merupakan peta kuliner yang jadi panduan berburu mi di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada ratusan kedai mi di Jakarta, dengan beragam menu yang disuguhkan. Penikmat kuliner yang ingin mengetahui sebagian di antaranya bisa mengecek Jakarta Noodles Map yang telah dipublikasikan oleh Feastin' Indonesia.

Jakarta Noodles Map merupakan peta kuliner yang dapat menjadi panduan berburu mi di seantero ibu kota. Ada rekomendasi kedai mi di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, serta Warung Makan Indomie alias Warmindo.

Baca Juga

Kevindra Soemantri dari Feastin' Indonesia berharap peta kuliner itu bisa digunakan untuk mengeksplorasi ragam mi di Jakarta. Tidak hanya menikmati makanannya, namun juga mengenali budaya kulinernya.

Menurut Kevindra, Jakarta sangat kaya dalam aspek kulinernya. Karena itu, Feastin' Indonesia menggagas pembuatan peta kuliner. Sebagai awal, mi dipilih karena merupakan hidangan yang disukai banyak orang.

"Mi bisa dimakan saat sarapan, siang, sore, bahkan malam. Jakarta kota yang sibuk dan riuh, aktivitas menikmati mi di street food atau saat weekend jadi semacam relaksasi," ujar Kevindra pada konferensi pers virtual, Jumat (3/12).

Jakarta Noodles Map mencakup berbagai jenis mi dan dari berbagai daerah yang ada di Jakarta, termasuk mi khas Medan, Aceh, Jawa, dan masih banyak lagi. Kevindra menyampaikan, ada sekitar 500-600 kedai mi di seluruh Jakarta.

Memang tidak semua termuat di dalam Jakarta Noodles Map. Tim Feastin' Indonesia melakukan proses kurasi untuk memilih dan memasukkan sekitar 70 kedai terfavorit untuk direkomendasikan kepada penikmat kuliner.

"Prosesnya menarik, kami keliling ke warung mi dan Warmindo. Satu per satu kami kurasi, kombinasi rekomendasi expert dan mempertimbangkan suara masyarakat," ucap Kevindra. Dalam peta, ada penjelasan mengenai metodologi kurasi yang dilakoni.

Ada sejumlah kriteria yang menjadi acuan, termasuk rasa, inovasi, bagaimana mi dihidangkan, serta higienitas. Kevindra dan timnya mendapat temuan-temuan menarik, seperti hidangan mi nusantara dengan cita rasa autentik, hingga mi instan yang dikreasikan menjadi menu unik.

Dalam pandangan Kevindra, mi seolah kanvas putih kreativitas. Dia berpendapat, perkembangan mi sangat dinamis. Hidangan mi akan terus berevolusi dan mengalami transformasi sepanjang zaman. "Tidak mungkin masyarakat kehilangan kesukaan makan mi," tuturnya.

Karena itu Jakarta Noodles Map hadir, merayakan keragaman mi yang ada di Jakarta. Penikmat kuliner bisa mendapatkan peta secara gratis di acara #IniJakarta di Lapangan Banteng, Jakarta, hingga 5 Desember 2021.

Peta juga tersedia di sejumlah tempat lain seperti Pantry Magic Kemang, Fairmont Senayan, serta di seluruh kedai mi yang ada dalam peta. Dalam waktu dekat, peta hadir di beberapa halte Transjakarta yang ditunjuk. Peta versi virtual tersedia di laman feastinfoodguides.com.

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA