Jumat 03 Dec 2021 19:44 WIB

Rekor Bersejarah Ronaldo dan Perpisahan Pilu Carrick

Ronaldo mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mencetak 801 dalam 1.097 laga

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo (tengah) berdiri di sebelah manajer Michael Carrick (kiri) sambil menunggu untuk masuk selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea FC dan Manchester United di London, Inggris, 28 November 2021.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo (tengah) berdiri di sebelah manajer Michael Carrick (kiri) sambil menunggu untuk masuk selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea FC dan Manchester United di London, Inggris, 28 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Hasil positif berhasil di petik Manchester United (MU) usai mengalahkan rivalnya Arsenal dengan skor 3-2 pada lanjutan pekan ke-14 Liga Primer Inggris 2021/2022 di Stadion Old Trafford, Jumat (3/12) dini hari WIB tadi.

Kemenangan ini membuat MU memperbaiki peringkat Setan Merah dari posisi ke-10 ke peringkat ketujuh klasemen dengan perolehan angka 21 dari enam kemenangan, tiga imbang dan lima kekalahan.

Baca Juga

Terlepas dari itu, Ronaldo berhasil mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mencetak 801 dalam 1.097 laga profesional. Rinciannya, 129 gol Ronaldo tercipta saat membela Setan Merah.

Sementara 450 gol bagi Real Madrid, 115 gol bagi timnas Portugal, 101 untuk kesebelasan asal Italia Juventus dan lima gol bagi klub Portugal Sporting Lisbon.

Rekor mentereng yang diciptakan Ronaldo kala mengalahkan Arsenal di Stadion Old Trafford nyatanya tidak terlepas dari jasa dari rekan senegaranya, Bruno Fernandes.

Pasalnya, Fernandes memberikan kompatriotnya itu untuk mengeksekusi tendangan penalti penentu kemenangan Setan Merah atas Arsenal.

"Saya gagal mengeksekusi tendangan penalti sebelumnya. Jadi saya mempercayai Ronaldo untuk mengambil itu," kata Bruno Fernandes menjelaskan dilansir laman resmi klub, Jumat (3/12).

Lebih lanjut, Fernandes melepas pujian kepada Ronaldo yang mampu menjaga kualitas performanya di level teratas mengingat ia sudah menginjak usia 36 tahun. "Luar biasa. Kita semua tahu dia selalu meningkatkan performanya dari laga ke laga dan dari tahun ke tahun," sambung Fernandes.

Meski menggoreskan sejarah baru dalam kariernya Ronaldo memilih untuk tetap membumi dan tak menghiraukan capaian pribadinya dan memilih rekan setimnya untuk terus fokus menjalani laga berikutnya demi mendongkrak posisi tim ke papan atas klasemen.

Pemilik Ballon d'Or menyatakan kemenangan itu merupakan momentum agar mereka bisa kembali ke jalur yang benar. Dia meminta rekan-rekannya untuk tak larut merayakan kemenangan atas Meriam London.

"Pikiran kami sudah tertuju pada pertandingan berikutnya, tak ada waktu untuk perayaan. Kemenangan hari ini sangat penting untuk kembali ke jalur yang benar, masih ada jalan panjang untuk meraih tujuan kami," tulis Ronaldo dalam akun Instagramnya.

Disisi lain Ronaldo juga memberikan rasa terima kasih kepada para suporter yang telah mendukung tim di masa sulit seperti ini. Kata dia, mereka tak bisa melakukannya tanpa dukungan dan kehadiran loyalis Setan Merah.

Sementara itu direktur sepak bola MU, John Murtough menginformasikan Michael Carrick resmi angkat koper dari Theater of Dream setelah membawa timnya menang dari Arsenal.

Carrick pun mengaku sangat berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk bekerja bersama MU dan menjadi pelatih interim sepeninggalan Ole Gunnar Solskjaer.

Dalam pernyataannya, pria asal Inggris menyebut waktu-waktunya bersama MU jelas tidak akan terlupakan. Ia tak bermimpi untuk menandatangani kontrak dan bekerja untuk klub sebesar MU.

"Saya pasti tidak akan melupakan kenangan fantastis baik sebagai pemain dan sebagai anggota kepelatihan tim. Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang berada di klub dan kepercayaan mereka," sambung Carrick.

Michael Carrick memainkan 464 pertandingan untuk Manchester United medio 2006 dan 2018, memenangkan lima gelar Liga Primer Inggris, Piala FA, dua Piala Liga, Liga Champions UEFA, Liga Eropa UEFA, dan Piala Dunia Klub FIFA.

Pria berusia 40 tahun itu bergabung dengan staf kepelatihan Tim Utama saat pensiun pada 2018 dan bertugas di bawah asuhan Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solskjaer.

"Saya akan selalu menjadi penggemar MU. Sayang mendoakan yang terbaik untuk tim dan Ralf Rangnick untuk bisa membawa MU kembali ke posisi teratas," sambung dia.

Nantinya posisi Carrick akan digantikan oleh pria asal Jerman Rangnick yang bakal menjabat sebagai caretaker sampai akhir musim sebelum nantinya menjabat posisi konsultan klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement