Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

Perempuan Eksis dan Pajang Foto di Media Sosial, Bolehkah?

Jumat 03 Dec 2021 16:36 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Perempuan terkadang memajang foto mereka di media sosial. Ilustrasi media sosial

Perempuan terkadang memajang foto mereka di media sosial. Ilustrasi media sosial

Foto: dok Kalibrr Indonesia
Perempuan terkadang memajang foto mereka di media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, — Media sosial memungkinkan seseorang untuk menampilkan dirinya kepada publik. Seperti dengan memasang foto profilnya. 

Namun demikian bolehkah bagi seorang perempuan eksis dan memasang foto wajahnya di media sosial? 

Baca Juga

Pertanyaan seperti ini juga diajukan kepada Syekh Muhammad Al 'Alimi seorang ulama Mesir yang juga anggota Komisi Fatwa Al Azhar Mesir. 

Syekh Muhammad Al 'Alimi menilai tidak menjadi persoalan seorang perempuan menampilkan foto profil di media sosial selama yang diunggah itu menggunakan pakaian tertutup dan mengenakan hijab.  

"Tidak dapat kami mengatakan bahwa wanita dilarang menggunakan foto yang terlihat wajah dan telapak tangannya dan pakaiannya tertutup, sederhana dan berhijab," kata Syekh Muhammad Al 'Alimi. 

Kendati demikian melalui akun Facebook resminya, Syekh Al 'Alami mengingatkan agar umat Muslim dapat mengendalikan diri dan tetap berhati-hati dalam bermedia sosial dan menggunakan internet.  

"Ini adalah masa yang kita hidup di dalamnya dan muncul apa-apa yang dinamakan peretas internet, dan apa-apa yang dilihat di dalamnya, dari gangguan dan serangan internet," kata dia. 

Maka menurutnya dibanding menimbulkan kejahatan karena seorang perempuan eksis dan menampilkan wajahnya di media sosial lebih baik untuk tidak melakukannya. Sebab menghindarkan diri dari kerusakan atau kejahatan lebih utama dari mengambil manfaat.

Dalam kitab tafsirnya Imam Al Qurthubi dituliskan, Ibnu Juwaiz Mandad seorang ulama besar Maliki berkata, "Jika seorang wanita itu cantik dan khawatir wajahnya dan telapak tangannya menimbulkan fitnah, hendaknya ia menutup wajahnya. Jika ia wanita tua atau wajahnya jelek, boleh baginya menampakkan wajahnya."

Kehati-hatian dalam mengunggah foto dalam media sosial, juga menjadi salah satu cara bagi Muslimah untuk tidak menjadi pembantu setan. Setan memiliki banyak cara untuk menghasut dan membujuk laki-laki untuk terfitnah oleh perempuan. Dalam HR Bukhari, Rasulullah SAW bersabda: 

لا تَكونوا عَوْنَ الشَّيْطانِ على أَخيكُم "Janganlah kalian menjadi penolong setan untuk menggoda saudara kalian."

      

Sumber: Masrawy 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA