Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

6 Langkah Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah

Sabtu 04 Dec 2021 05:20 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

6 Langkah Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah

6 Langkah Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah

Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN
Istiqamah bisa dimulai dari langkah kecil asalkan konsisten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istiqamah berarti berpegang teguh pada sesuatu atau bertindak setia dengan cara tertentu. Imam Nawawi memberi tahu dalam sebuah hadits yang ia catat saat Nabi Muhammad ditanyai oleh sahabat Abu Amr Sufiyane bin Abdullah Thaqafi.

Dia berkata “Wahai Rasulullah, beri tahu saya sesuatu dalam Islam jika saya mengatakannya dan mengikutinya, saya tidak perlu meminta siapa pun selain Anda.”

Baca Juga

Rasulullah menjawab “Katakanlah aku beriman kepada Allah dan kemudian tetap di jalan-Nya.”

Nabi Muhammad mampu menyampaikan begitu banyak makna yang merupakan salah satu mukjizatnya. Berikut enam langkah yang bisa dilakukan agar selalu istiqamah di jalan Allah, seperti dilansir About Islam.

1. Keyakinan

Umat Islam diperintahkan untuk terlibat dalam tindakan keyakinan, misalnya percaya Allah. Pada aspek ini melibatkan seseorang pada nilai keyakinan tertentu yang dipegang seperti memahami Allah dengan cara yang sangat khusus.

Percaya Allah berarti mempercayai rukun iman. Selain percaya Allah, seseorang juga harus percaya pada malaikat-Nya, kitab-Nya, rasul-Nya, Hari Akhir dan takdir.

2. Memenuhi kewajiban terhadap Allah

Aspek istiqamah adalah memenuhi kewajiban terhadap Allah. Contohnya melibatkan seseorang dalam hal kejujuran. Selain ibadah wajib yang dilakukan, seseorang harus berperilaku jujur kepada semua orang.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA