Sabtu 04 Dec 2021 04:15 WIB

Cara Rawat Janggut Agar tak Berketombe Menurut Dokter

Janggut juga bisa berketombe.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Jason Momoa merupakan salah satu aktor yang terkenal dengan janggut panjangnya. Janggut memerlukan perawatan agar tidak berketombe.
Foto: EPA
Jason Momoa merupakan salah satu aktor yang terkenal dengan janggut panjangnya. Janggut memerlukan perawatan agar tidak berketombe.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memelihara janggut membutuhkan perawatan tersendiri. Hal ini tentu agar janggut tetap sehat, bersih dan jauh dari masalah, salah satunya ketombe. Ya, tidak hanya ketombe di kulit kepala yang umum diketahui, janggut juga bisa berketombe.

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang umum di mana kulit mulai mengelupas dan menyebabkan residu serpihan putih dan gatal. Ketombe pada janggut menjadi kondisi yang banyak dihadapi kaum pria, dan biasanya muncul dengan sendirinya sebagai sisik kering seperti serpihan yang bersisik.

Baca Juga

"Ini bisa menyebabkan iritasi dan gatal-gatal," jelas dokter kulit dr Madhuri Agarwal dalam sebuah postingan Instagram, dilansir dari Indian Express, Jumat (3/12).

Penyebab umum ketombe pada janggut kemungkinan dikarenakan psoriasis atau dermatitis seboroik. Ketombe juga bisa diakibatkan produk perawatan yang tidak sesuai dan kebersihan tidak tepat.

 

Lebih lanjut, dokter kulit mengatakan bahwa Malassezia alias jerawat akibat jamur yang berkembang biak di kulit janggut bisa dipicu berbagai faktor. Jerawat itu juga dapat menyebabkan ketombe pada janggut. Dr Agarwal juga berbagi tips cara menghindari masalah ketombe pada janggut.

Hindari air terlalu panas/dingin

Jangan gunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin untuk mencuci muka. Sebaiknya gunakan air hangat karena tidak akan menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya dehidrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement