Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Tak Intervensi Muktamar NU, PKB: Silakan Pilih Terbaik

Jumat 03 Dec 2021 13:11 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Rossy Handayani  / Red: Nashih Nashrullah

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memberi sambutan saat Halaqah Satu Abad NU di DPP PKB, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Acara tersebut mengusung tema Gagasan Kontributif Membangun Kemandirian Ekonomi Nahdliyin.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memberi sambutan saat Halaqah Satu Abad NU di DPP PKB, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Acara tersebut mengusung tema Gagasan Kontributif Membangun Kemandirian Ekonomi Nahdliyin.

Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A/foc.
PKB menyerahkan pemilihan ketum PBNU kepada para peserta muktamar

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA –  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa pihaknya tak mengintervensi pemilihan calon ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

Menurutnya, dua calon ketua umum yang beredar saat ini, yakni KH Said Aqil Siroj (SAS) dan KH Yahya Cholil Staquf (YCS) adalah kader terbaik dari organisasi masyarakat (ormas) tersebut. 

Baca Juga

"Dua-duanya adalah kader terbaik yang tentu tidak ada bedanya dua-duanya ini. Silakan saja mana yang terbaik dari pilihan para muktamirin," ujar Muhaimin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (2/12). 

PKB, kata Muhaimin, juga tak akan mencampuri ihwal jadwal Muktamar ke-34 NU yang rencananya akan digelar di Lampung. Namun dia berharap, permasalahan terkait waktu pelaksanaannya segera selesai. 

"Kita hanya bisa menunggu, hanya bisa memohon pada Tuhan yang Mahakuasa, pada Allah untuk segera tuntas. Insya Allah pekan depan (penetapan jadwal) sudah selesai," ujar Muhaimin.

Sementara itu, sebelumnya secara terpisah, persiapan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 di Lampung masih terus berjalan.

 Hal ini disampaikan Ketua OC Panitia Muktamar NU 34, KH Imam Aziz melalui konferensi pers daring, Selasa (30/11). 

"Kami panitia terus mempersiapkan muktamar, persiapan infrastruktur masih berjalan di Lampung, salah satunya di Pondok Pesantren Darussa'adah, penyelesaian kamar-kamar untuk tempat tidur, sanitasi, dan kekuatan sinyal Wi-Fi. Lalu, membangun aula untuk acara yang akan dihadiri Presiden," kata KH Imam pada Selasa. 

Berdasarkan skenario awal muktamar dipusatkan di tiga tempat. Untuk pembukaan Muktamar direncanakan di pesantren Darus Saadah. Dua tempat lainnya di antaranya, di UIN Raden Intan Lampung dan Universitas Malahayati. 

"Ini membutuhkan upaya luar biasa. Ini cara NU membesarkan pesantren harus menjadi benteng rahmatan lil alamin," kata dia.

Sementara itu, Konser Amal Koin Muktamar juga disiapkan menuju Muktamar ke-34 NU. Konser akan diselenggarakan di Balai Sarbini Jakarta pada 13 Desember 2021. Seluruh hasil penjualan tiket akan didonasikan untuk Muktamar ke-34 NU. 

"Konser amal Koin Muktamar yang akan digelar pada 13 Desember 2021 mendatang di Balai Sarbini menjadi wadah penggalangan donasi dan partisipasi warga untuk mendukung terselenggaranya Muktamar ke-34 NU secara mandiri, berwibawa, dan bermartabat," kata Kiai Imam.  

Kiai Imam mengatakan, muktamar menjadi forum tertinggi organisasi untuk merefleksikan perjalanan sebelumnya dan merencanakan tujuan ke depan, sekaligus momentum warga Nahdliyin saling bersilaturahim secara nasional bahkan internasional. Muktamar milik bersama segenap warga Nahdliyin diberbagai pelosok negeri, bahkan dunia.  

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA