Jumat 03 Dec 2021 04:25 WIB

Doa Rasulullah untuk Saad bin Ubadah

Saad bin Ubadah atau yang biasa dipanggil Abu Tsabit adalah sahabat Nabi Muhammad SAW

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Saad bin Ubadah atau yang biasa dipanggil Abu Tsabit adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki pengetahuan sempurna dalam bidang tulis-menulis dan pandai dalam berenang dan memanah. Karena itu dia pun mendapat gelar Al-Kamil (sempurna).

Di balik itu, sahabat yang bernama lengkap Saad bin Ubadah bin Dulaim bin Haritsah Al-Khazraji itu sangat sering membantu Rasulullah SAW. Setiap hari, Saad selalu membawakan sebuah mangkok besar berisi tsarid (makanan yang berbahan roti yang diremukkan dan dicampur kuah daging) dan daging kepada Nabi SAW.

Baca Juga

Kemudian Saad berkeliling bersama Nabi Muhammad SAW ke rumah istri-istri beliau. Hal ini telah dijelaskan dalam 'Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah' karya Syaikh Muhammad Sa'id Mursi, yang diterjemahkan Khoirul Amru Harahap dan Achmad Faozan, terbitan Pustaka Al-Kautsar.

Rasulullah SAW pernah mendoakan Saad dan berkata, "Ya Allah, berikanlah sholawat dan rahmat-Mu kepada keluarga Saad bin Ubadah." (HR Abu Daud dan Ahmad)

Saad juga dikenal sebagai pribadi yang pencemburu, tentu cemburu dalam kebaikan. Nabi SAW pun mengakui hal ini. "Dia (Saad) adalah pencemburu, aku lebih pencemburu dari dia, dan Allah lebih pencemburu dari aku." (HR Muslim)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement