Sunday, 20 Jumadil Akhir 1443 / 23 January 2022

Berantas Buta Huruf, Rumah Zakat Buka Kelas Membaca

Jumat 03 Dec 2021 02:20 WIB

Red: Hiru Muhammad

Dalam rangka memberantas buta huruf, Rumah Zakat membuka kelas membaca untuk anak-anak usia sekolah Dasar di Desa Banjaranyar, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Dalam rangka memberantas buta huruf, Rumah Zakat membuka kelas membaca untuk anak-anak usia sekolah Dasar di Desa Banjaranyar, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Foto: istimewa
Kesibukan orang tua bekerja membuat anak kurang mendapat perhatian belajar membaca

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL--Dalam rangka memberantas buta huruf, Rumah Zakat membuka kelas membaca untuk anak-anak usia sekolah Dasar di Desa Banjaranyar, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Kelas tersebut diinisiasi setelah adanya realitas yang menunjukkan bahwa masih ditemukan anak-anak usia sekolah dasar belum bisa membaca. Bahkan ditemukan ada anak usia sekolah dasar kelas empat belum bisa membaca.

Hal tersebut diperparah dengan minimnya lembaga bimbingan belajar yang membuka kelas membaca. Selain itu, kesibukan orang tua mencari nafkah membuat anak-anak tersebut tidak mendapat intervensi untuk segera bisa membaca.

Berangkat dari kondisi tersebut, Rumah Zakat melalui fasilitatornya, Miska membuka kelas membaca. Berharap dengan adanya kelas tersebut, membantu mengurangi angka buta huruf pada usia sekolah dasar di Desa Banjaranyar. "Saat ini, khusus kelas membaca ada dua mentor yang membantu. Kami sangat berharap upaya ini akan mampu mengurangi angka buta huruf di desa kami. Aamiin,"kata Miska saat menemani anak-ansk belajar pada Selasa (23/11) lalu.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA