Kamis 02 Dec 2021 20:08 WIB

Alumni UNM Bisa Isi Tracer Study pada Laman Ini

Tracer study merupakan kegiatan survei yang dilakukan terhadap alumni

Salah satu kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM).
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Salah satu kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendataan alumni pada sebuah perguruan tinggi sangat penting, guna melihat eksistensi dan keberadaan dari lulusan tersebut. Setiap alumni, diharuskan mengisi Tracer Study, agar dapat dengan mudah diketahui, perjalanannya setelah lulus kuliah, terutama saat sudah masuk ke dunia kerja. 

Universitas Nusa Mandiri (UNM) 2021, mengajak lulusan Fakultas Teknik Informatika (FTI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dalam periode tahun lulusan 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021, untuk mengisi Tracer Study tersebut. 

Muhammad Faisal, kepala NCC mengatakan tracer study merupakan kegiatan survei yang dilakukan terhadap alumni guna menggali informasi mengenai persepsi alumni dan kualitas lulusan melalui kompetensi yang telah dicapainya, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan transisi dari perguruan tinggi ke dunia kerja. 

“Kuesioner yang digunakan merupakan kuesioner yang sesuai dengan instrumen terbaru Kemdikbud tahun 2021. Pengisian tracer study Universitas Nusa Mandiri (UNM) 2021, bisa diisi melalui link resmi tracer studi Universitas Nusa Mandiri (UNM) 2021 pada laman https://alumni.nusamandiri.ac.id,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Selasa (30/11).

Survey tracer study, ungkapnya, berlangsung sejak 12 November 2021 sampai dengan 15 Desember 2021, nanti. “Syarat responden dari pengisian tracer study Universitas Nusa Mandiri (UNM) 2021 adalah para alumni yang telah mendapat predikat kelulusan dari UNM," katanya. 

Para responden, lanjutnya menjelaskan, dapat membuka website resmi tracer study Universitas Nusa Mandiri (UNM) pada laman https://alumni.nusamandiri.ac.id, kemudian lakukan login dengan mengisi username dan password dengan ketentuan username merupakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan Password berupa tahun–bulan–tanggal kelahiran sesuai dengan ijazah.  

“NCC menjamin kerahasian data para lulusannya dan digunakan sesuai dengan kebutuhan tracer study Kemdikbud serta untuk peningkatan pendidikan Universitas Nusa Mandiri (UNM),” tegasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa, NCC selalu berusaha mempersiapkan mahasiswa/alumni yang siap kerja, sehingga  menjadi mitra terpercaya bagi dunia industri dan dunia usaha dalam menjawab tantangan pasar kerja. 

“Kami, wadah dibawah naungan Universitas Nusa Mandiri (UNM) berkewajiban mengembangkan jaringan informasi sebagai media komunikasi antara kurikulum yang ada dengan trend pasar kerja. Oleh karena itu, NCC sebagai penghubung antara dunia industri dan perguruan tinggi, serta sebagai fasilitator yang melengkapi perkembangan mahasiswa/alumni memiliki peran sangat penting dan strategis,” tutupnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement