Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

BTS Absen di MAMAs, Harus Karantina Covid-19

Kamis 02 Dec 2021 16:16 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Grup K-pop BTS tidak dapat menghadiri acara tahunan Mnet Asian Music Awards (MAMAs) 2021 yang dijadwalkan pekan depan karena harus karantina (ilustrasi).

Grup K-pop BTS tidak dapat menghadiri acara tahunan Mnet Asian Music Awards (MAMAs) 2021 yang dijadwalkan pekan depan karena harus karantina (ilustrasi).

Foto: @amas/Instagram
BTS harus menjalani karantina Covid-19 setibanya dari Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Grup K-pop BTS tidak dapat menghadiri acara tahunan Mnet Asian Music Awards (MAMAs) 2021, yang dijadwalkan pekan depan. BTS harus menjalani isolasi Covid-19 setibanya dari Amerika Serikat, karena aturan karantina yang diperketat di Korea Selatan.

Pemerintah setempat memutuskan untuk menempatkan semua kedatangan di luar negeri di bawah karantina 10 hari mulai Jumat lalu. Kebijakan yang bertujuan mengatasi varian omicron ini berlaku bagi siapa saja, terlepas dari kebangsaan dan status vaksinasi mereka.

Baca Juga

Saat ini, grup beranggotakan tujuh orang itu berada di Los Angeles (LA) untuk konser tatap muka pertama dalam dua tahun. Grup ini akan kembali ke kampung halamannya, setelah tampil di iHeartRadio Jingle Ball Tour pada Jumat (3/12), yakni acara radio akhir tahun terbesar di Amerika Serikat.

Kebijakan karantina diri wajib selama 10 hari ini membuat grup tersebut tidak dapat menghadiri pertunjukan MAMAs pada 11 Desember secara langsung. Mnet, saluran kabel musik yang menyelenggarakan acara tahunan, juga mengonfirmasi informasi ini.

"Telah diputuskan bahwa BTS tidak akan muncul di MAMAs,” kata perwakilan Mnet dilansir di Yonhap News, Kamis (2/12).

Sebaliknya, BTS dikabarkan sedang mempersiapkan pesan video singkat untuk para penggemarnya yang akan menonton acara tersebut. BTS menghadiri MAMAs tahun lalu, yang diadakan daring tanpa penonton karena pandemi Covid-19. Mereka memenangkan delapan penghargaan, termasuk empat kategori teratas.

Pertunjukan tahun ini dijadwalkan akan diadakan dengan penonton di CJ ENM Content World di Paju, yaitu 30 km utara Seoul. Keputusan itu dilakukan setelah pemerintah melonggarkan jarak sosial untuk kembalinya masyarakat secara bertahap ke kehidupan normal di bawah skema "hidup dengan Covid-19".

Di antara headliner di acara penghargaan yang akan datang adalah grup K-pop populer aespa, Brave Girls, ITZY, Enhypen, NCT 127, NCT Dream, Stray Kids, dan Tomorrow X Together (TXT). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA