Kamis 02 Dec 2021 12:02 WIB

Angkasa Pura Logistik Buka Rute Makassar-Singapura

Tahun ini tercatat pergerakan kargo di Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 77 ribu ton

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Petugas bersiap memasukkan barang bawaan penumpang ke dalam pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan, Jum
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Petugas bersiap memasukkan barang bawaan penumpang ke dalam pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan, Jum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) yakni Angkasa Pura Logistik membuka rute kargo internasional baru yakni Makassar-Singapura. Hal tersebut merupakan bagian untuk mendukung  program Pemerintah Sulawesi Selatan terkait pengiriman ekspor langsung ke luar negeri. 

“Tugas kami menyediakan sarana untuk menunjang konektivitas, akses, dan penyimpanan," kata Direktur Pengembangan Usaha  AP I Dendi T Danianto dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (2/12). 

Baca Juga

Dendi mengatakan, upaya tersebut merupakan bentuk komitmen dari AP I untuk mendukung program pemerintah. Khususnya dalam implementasi national logistic ecosystem.  

Dia menambahkan, melalui anak perusahaan Angkasa Pura Logistik diharapkan dapat membantu mendongkrak bisnis kargo. Selain itu juga membantu meningkatkan perekonomian Sulawesi Selatan, khususnya dalam bidang ekspor. 

"Penerbangan ini juga menambah jumlah penerbangan khusus kargo yang terbang langsung ke luar negeri dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sebelumnya terdapat pesawat kargo Garuda Indonesia yang terbang ke Hongkong dan Singapura," ungkap Dendi. 

Dendi menjelaskan selama 2021, tercatat pergerakan kargo di Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 77 ribu ton. Angka tersebut menunjukan peningjatan hingga 30 persen dari tahun sebelumnya. 

"Dengan adanya penerbangan perdana dari Angkasa Pura Logistik, diharapkan dapat mendongrak komoditas ekspor, terutama komoditi perikanan, yang dikirim dari Sulawesi Selatan," jelas Dendi. 

Peresmian pembukaan rute kargo internasional perdana Makassar-Singapura dengan pesawat jenis Boeing 737-300 yang bekerja sama dengan maskapai Tri-M.G. Pesawat tersebut dapat menampung sebanyak 15 ribu kilogram dan dijadwalkan terbang dua kali sepekan pada Rabu dan Sabtu. 

Dendi mengatakan, layanan kargo udara Angkasa Pura Logistik menjadi salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pengiriman dan pendistribusian kargo. "Dukungan ini baik domestik maupun internasional," tutur Dendi. 

Selama satu tahun sejak Juni 2020, Angkasa Pura Logistik dengan dua armada pesawat kargo jenis ATR 72-500 telah melayani penerbangan kargo ke berbagai rute domestik. Rute tersebut yaitu Batam, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, dan Surabaya.

Sementara itu, Gubenur Sulawesi Selatan Andi Sudirman mengatakan kargo merupakan bisnis yang potensial di masa pandemi ini. Andi mengharapkan ketersediaan layanan penerbangan langsung ke luar negeri terus berlanjut dan bisa bertambah frekuensinya. 

"Sehingga tahun depan diharapkan pengiriman dapat meningkat sebanyak 50 persen,” ujar Andi.

Saat ini, AP I bersama Angkasa Pura Logistik juga telah melakukan revitalisasi terminal kargo di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan luas 1.700 meter persegi. Terminal kargo tersebut dapat melayani aktivitas warehousing, incoming-outgoing baik untuk kargo domestik maupun internasional serta trans-shipment.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement