Friday, 18 Jumadil Akhir 1443 / 21 January 2022

Fosil Dinosaurus Jenis Baru Ditemukan di Cile

Kamis 02 Dec 2021 07:08 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilmuwan menemukan fosil dinosaurus jenis baru di Cile. Dinosaurus ini mirip stegosaurus.

Ilmuwan menemukan fosil dinosaurus jenis baru di Cile. Dinosaurus ini mirip stegosaurus.

Foto: Luis Perez Lopez via AP
Spesies dinosaurus memiliki senjata ekor tebas yang unik.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO DE CHILE -- Ilmuwan menemukan fosil dinosaurus jenis baru di Cile. Fosil yang ditemukan di Cile berasal dari spesies dinosaurus seukuran anjing yang tampak aneh. Ilmuwan yang menemukan melaporkan pada Rabu (1/12), jenis ini memiliki senjata ekor tebas yang unik.

Beberapa dinosaurus memiliki ekor berduri yang bisa digunakan sebagai senjata tikam dan yang lainnya memiliki ekor dengan tongkat. Penemuan yang dilaporkan dalam sebuah penelitian di jurnal Nature ini menunjukan spesies baru.

Baca Juga

Dinosaurus itu memiliki sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya pada hewan apa pun. Spesies itu memiliki tujuh pasang "pisau" yang terletak menyamping seperti senjata pengiris. Penulis utama Alex Vargas mengatakan bentuk ini digunakan oleh prajurit Aztec kuno.

"Ini adalah senjata yang sangat tidak biasa. Buku tentang hewan prasejarah untuk anak-anak perlu diperbarui dan dimasukkan ke dalamnya. ... Kelihatannya gila," kata ahli paleontologi University of Chile itu.

Makhluk pemakan tumbuhan memiliki kombinasi sifat dari spesies berbeda yang awalnya membuat ahli paleontologi salah hipotesis. Bagian belakangnya, termasuk senjata ekornya, tampak mirip dengan stegosaurus, sehingga para peneliti menamakannya Stegouros elengassen.

Setelah Vargas dan timnya memeriksa potongan tengkorak dan melakukan lima analisis DNA yang berbeda, mereka menyimpulkan bahwa itu terkait jauh dengan stegosaurus. Sebaliknya, itu adalah anggota langka dari keluarga dinosaurus ankylosaur di belahan bumi selatan.

"Cabang keluarga yang hilang dari ankylosaur," ujar Vargas.


sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA