Rabu 01 Dec 2021 20:39 WIB

Golongan Darah yang Paling Rentan Kena Covid-19

Orang dengan golongan darah tertentu tampak rentan kena Covid-19.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Studi terbaru menunjukkan orang dengan golongan darah tertentu lebih rentan terkena Covid-19.
Foto: Pixabay
Covid-19 (ilustrasi). Studi terbaru menunjukkan orang dengan golongan darah tertentu lebih rentan terkena Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Hingga awal pekan ini, lebih dari 263 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19. Penelitian yang dilakukan Sir Ganga Ram Hospital di India mengungkap golongan darah yang paling rentan terhadap penyakit pandemi ini.

Departemen Penelitian dan Departemen Kedokteran Transfusi Darah Sir Ganga Ram Hospital mengungkap bahwa golongan darah A dan B serta Rhesus + termasuk dalam kelompok berisiko tinggi terpapar Covid-19. Itu jika dibandingkan dengan golongan darah O dan AB serta Rh-.

Baca Juga

Hanya saja, faktor golongan darah tidak ada hubungannya dengan kemungkinan risiko mengalami Covid-19 parah atau kematian.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Cellular and Infection Microbiology edisi November itu dilakukan pada 2.586 pasien positif Covid-19 yang diuji dengan tes polymerase chain reaction (PCR).

Mereka dirawat di Sir Ganga Ram Hospital sejak 8 April hingga 4 Oktober 2020. Konsultan di Departemen Penelitian Sir Ganga Ram Hospital, Rashmi Rana, mengatakan, SARS-CoV-2 adalah virus baru dan belum jelas apakah golongan darah berdampak pada risiko atau berkembangnya Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement