Rabu 01 Dec 2021 20:09 WIB

Refleksi Hidup Michael J Fox: 30 Tahun Mengidap Parkinson

Michael J Fox didiagnosis Parkinson pada 1991.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Michael J Fox. Aktor Back to the Future ini didiagnosis parkinson 30 tahun lalu.
Foto: EPA
Michael J Fox. Aktor Back to the Future ini didiagnosis parkinson 30 tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang film Back to the Future Michael J Fox sudah 30 tahun hidup bersama dengan penyakit Parkinson. Meski bukan hal yang mudah, Fox bisa bertahan dengan cara menemukan berbagai hal yang patut dia syukuri di dalam hidupnya.

Aktor berusia 60 tahun tersebut pertama kali terdiagnosis dengan Parkinson pada 1991. Penyakit Parkinson merupakan sebuah gangguan sistem saraf progresif yang mempengaruhi kemampuan gerak, menurut Mayo Clinic.

Baca Juga

Fox mengatakan ada dua hal yang sangat membantunya melewati beragam tantangan akibat mengidap penyakit tersebut. Kedua hal tersebut adalah bersikap positif dan tetap fokus pada rasa syukur.

"Bila Anda merasa tak memiliki apa pun untuk disyukuri, teruslah mencari. Karena optimisme bukan sesuatu yang hanya Anda dapatkan," ungkap Fox, seperti dilansir Today, Rabu.

Fox mengatakan seseorang tak harus menunggu datangnya sesuatu yang besar untuk bisa bersyukur. Agar bisa bersyukur, Fox mengatakan seseorang harus membentuk perilaku yang dapat mendorong munculnya rasa syukur.

Fox justru merasa dirinya beruntung, meski mengidap penyakit Parkinson. Alasannya, saat ini dia memiliki keluarga yang sangat dia cintai, yaitu sang istri Tracy Pollan dan empat orang anaknya.

"Saya bertemu perempuan yang saya nikahi, memiliki anak-anak saya saat ini, dan menjalani kehidupan yang saya miliki," kata Fox.

Meski baginya hal itu membahagiakan, Fox terkadang menemukan kesulitan untuk menjelaskan kepada orang-orang betapa beruntungnya dia. Alasannya, dia mengidap penyakit Parkinson yang membuat hari-harinya terkadang sangat sulit.

"Ada hari-hari yang terasa lebih sulit dibandingkan hari-hari lainnya. Akan tetapi, penyakit ini adalah sesuatu yang menempel pada hidup saya, bukan sesuatu yang menyetir hidup saya," ujar Fox.

Masih lekat dalam ingatan Fox saat pertama kali dia terdiagnosis mengidap penyakit Parkinson. Kala itu, dokter memprediksi dirinya hanya memiliki waktu sekitar 10 tahun untuk bisa menggeluti profesinya sebagai aktor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement