Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Harapan Tinggi kepada Skuad Garuda

Kamis 02 Dec 2021 00:25 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar

Pemain Timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Timnas Indonesia akan melaksanakan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menghadapi piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Pemain Timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Timnas Indonesia akan melaksanakan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menghadapi piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Shin Tae-yong diharapkan bisa membawa timnas meraih gelar di Piala AFF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Nasional Indonesia telah bertolak ke Singapura untuk berlaga di kejuaraan Piala AFF 2020 yang akan diselenggarakan mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2021. Indonesia akan berada di Grup B bersama dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Skuad Garuda telah menjalani pemusatan latihan (TC) selama sebulan terakhir demi menjaga nama baik bangsa di kejuaraan tersebut. Pasalnya, Indonesia belum pernah sekalipun menjuarai Piala AFF dan hanya berlangganan sebagai runner up lima kali.

Baca Juga

Setelah gagal lolos dari fase grup di tahun 2018, ditambah sejumlah kekalahan di ajang internasional lainnya pada bulan-bulan berikutnya, pelatih Shin Tae-yong diharapkan bisa membawa Evan Dimas dkk meraih gelar juara pertama bagi Indonesia di Piala AFF.

Harapan itu wajar muncul setelah skuad Garuda menunjukkan kemajuan selama TC di Turki. Skuad Garuda terus mengasah kemampuan mereka dengan latihan internal dan beberapa laga uji coba. Indonesia memenangkan dua dari tiga laga uji coba dalam sebulan terakhir.

Setelah kekalahan tipis 0-1 melawan Afghanistan di uji coba pertama, Indonesia pun bangkit dengan kemenangan meyakinkan 4-1 melawan Myanmar dan 4-0 melawan Antalyaspor. Hal ini diharapkan menjadi pertanda bahwa tim Merah Putih mampu menjuarai Piala AFF 2020.

"Setelah menjalani laga persahabatan dan melakukan pemusatan latihan di Turki, performa timnas terus meningkat. Itu laporan Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada saya. Mereka sudah siap tempur untuk memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara ini," kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, Rabu (1/12).

Iriawan menyebut mayoritas pemain pilihan Shin adalah mereka yang masih berusia muda. Menurutnya mereka bisa memberikan masa depan yang cerah bagi sepak bola Indonesia. Indonesia terakhir menjadi juara di kawasan ASEAN pada SEA Games 1991. Suatu pencapaian yang bahkan belum bisa diulangi lagi oleh generasi berikutnya hingga sekarang.

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik. Mari kita doakan yang terbaik agar pemain timnas Indonesia bisa menjadi juara di Piala AFF kali ini," kata Iriawan.

Shin memboyong sebanyak 30 pemain ke Singapura untuk melakoni ajang tersebut. Selain pemain yang membela klub-klub di Liga 1, skuad Garuda juga akan diperkuat oleh beberapa pesepak bola tanah air yang merumput di luar negeri. Kombinasi ini diharapkan bisa memberi dampak positif bagi skuad Garuda.

Daftar 30 pemain tersebut antara lain:

Kiper:

1. Muhamad Riyandi, Barito Putera

2. Nadeo Arga Winata, Bali United

3. Ernando Ari Sutaryadi, Persebaya

4. Syahrul Trisna Fadillah, Tira Persikabo

Bek:

5. Fachruddin Aryanto, Madura United

6. Victor Chukwuekezie Igbonefo, Persib

7. Ryuji Utomo Prabowo, Penang FC

8. Alfeandra Dewangga Santosa, PSIS

9. Elkan William Tio Baggott, Ipswich Town

10. Pratama Arhan Alif Rifai, PSIS

11. Moh. Edo Febriansah, Persita

12. Rizky Ridho Ramadhani, Persebaya

13. Rizky Dwi Febrianto, Arema FC

14. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

15. Marckho Sandi Merauje, Borneo FC

Tengah:

16. Evan Dimas Darmono, Bhayangkara FC

17. I Kadek Agung Widnyana Putra, Bali United

18. Rachmat Irianto, Persebaya

19. Ahmad Agung Setia Budi, Persik Kediri

20. Ricky Richardo Kambuaya, Persebaya

21. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Tazim

22. Irfan Samaling Kumi, PSS Sleman

23. Ramai Melvin Rumakiek, Persipura

24. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks

25. Egy Maulana Vikri, FK Senica

26. Yabes Roni Malaifani, Bali United

Depan:

27. Kushedya Hari Yudo, Arema FC

28. Dedik Setiawan, Arema FC

29. Hanis Saghara Putra, Tira Persikabo

30. Ezra Harm Ruud Walian, Persib

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA