Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Permudah Nasabah, ASABRI Ekspansi Layanan Aplikasi Online

Kamis 02 Dec 2021 02:35 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Suasana kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) PT ASABRI di Kantor Pusat Asabri di Jakarta, Kamis (20/12).

Suasana kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) PT ASABRI di Kantor Pusat Asabri di Jakarta, Kamis (20/12).

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis mulai 6 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Asabri (Persero) meluncurkan pembaruan aplikasi Asabri Mobile bagi pengguna iOS dan Android. Adapun pembaruan aplikasi Asabri Mobile membawa perubahan seperti tampilan, fungsi, penambahan fitur, dan hadirnya versi iOS. 

Sekretaris Perusahaan Asabri Dewi Ratnaningsih mengatakan peluncuran Asabri Mobile versi terbaru ini memiliki fitur yang lebih lengkap dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan layanan peserta Asabri. Adapun fitur baru tersebut diantaranya registrasi aplikasi yang lebih mudah, antrian online, formulir klaim layanan dan SPTB online.

Baca Juga

“Dengan diluncurkannya pembaharuan aplikasi ini peserta secara mandiri dapat melakukan registrasi aplikasi dengan mudah. Peserta hanya menginput NRP dan KTA setelah itu akan ada verifikasi yang masuk ke nomor HP yang dipergunakan pengiriman kode OTP nya dan Asabri Mobile siap digunakan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (1/12).

Dewi menjelaskan hadirnya fitur antrian online memudahkan peserta dalam pengajuan klaim ke kantor cabang Asabri, dengan melakukan pendaftaran pada aplikasi kemudian peserta akan diberi notifikasi kedatangannya.

“Peserta Asabri sekarang dapat mengunduh formulir pengajuan layanan yang pengajuan klaim. Tersedia juga formulir PUM KPR bagi peserta aktif dan SPT Pajak bagi peserta pensiun,” jelasnya.

Kemudian fitur surat pernyataan tanda bukti diri (SPTB) online memudahkan peserta pensiun melakukan pelaporan SPTB setiap tahun tanpa harus datang ke Kantor Asabri maupun mitra bayar. Adapun fitur ini akan digunakan pada 2022 sesuai dengan periode pelaporan.

Sejak diluncurkan pada 2020, fitur simulasi premi menjadi fitur paling sering dibuka oleh peserta Asabri. Peserta yang masih aktif dapat melihat simulasi nilai manfaat selama menjadi peserta Asabri. 

“Nilai manfaat ini merupakan perhitungan sementara berdasarkan ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Menurutnya simulasi tabungan asuransi hanya dapat ditampilkan jika peserta memiliki data yang lengkap, yakni data peserta, data keluarga dan riwayat pangkat. Peserta diharapkan melakukan update data pada menu profil sehingga simulasi premi dapat dilihat. 

“Dengan fitur ini diharapkan peserta dapat memproyeksikan kebutuhannya di masa depan ketika memasuki usia pensiun,” ucapnya.

Kemudian fitur menarik lainnya, Kartu Peserta Asabri Elektronik (KPA-E) merupakan identitas kepesertaan Asabri yang membuktikan bahwa peserta telah terdaftar di Asabri secara sah. KPA-E dapat diunduh dan disimpan di smartphone sehingga tidak perlu khawatir jika hilang karena sudah tersedia dalam aplikasi. Bagi peserta pensiun, fitur hak pensiun merupakan menu yang penting diketahui. 

Pada fitur ini peserta dapat mengetahui berapa nilai pensiun yang akan diterima setiap bulan mitra bayar mana uang pensiun dibayarkan, dan yang tidak kalah penting jadwal otentikasi yang merupakan kewajiban peserta yang disesuaikan dengan jenis pensiunnya. Selanjutnya fitur hak pensiun juga memberikan informasi mitra bayar serta jadwal otentikasi.

Aplikasi Asabri mobile memiliki beberapa fungsi yaitu penyedia informasi layanan, informasi kepesertaan dan pengajuan layanan. Aplikasi ini mendukung peserta untuk dapat mengetahui lokasi kantor cabang PT Asabri (Persero), mitra binaan, mitra bayar, berita tentang Asabri, jadwal sosialisasi serta produk hukum dari PT Asabri (Persero). 

Melalui aplikasi pula, peserta dapat menghubungi layanan call center yang terhubung dengan aplikasi whatsapp dan telegram ataupun melihat beberapa panduan pada FAQ. Peserta juga dapat mengajukan kritik dan saran yang dapat mendukung PT Asabri (Persero) agar berkembang lebih baik lagi.

Hadirnya pembaruan Asabri Mobile diharapkan mampu memberikan pengalaman layanan yang semakin mudah, cepat, dan praktis sehingga Peserta dapat mengakses aplikasi Asabri Mobile dimana dan kapan saja. 

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS) pada 6 Desember 2021 mendatang.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA