Rabu 01 Dec 2021 15:57 WIB

Lima Nama Allah yang Menunjukkan Allah Mahaadil

Saat berdoa dianjurkan memuji dan memanggil-Nya dengan nama terbaik Allah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Lima Nama Allah yang Menunjukkan Allah Maha Adil
Foto: Infografis Republika
Lima Nama Allah yang Menunjukkan Allah Maha Adil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berdoa kepada Allah dianjurkan memuji dan memanggil-Nya dengan nama-nama terbaik-Nya. Termasuk menggunakan nama-nama-Nya ketika hendak meminta pertolongan

Allah adalah Tuhan Yang Maha Adil dan di antara nama-nama-Nya yang paling indah adalah Al Hakam, Hakim, dan Al Adl, Yang Secara Inheren dan Benar-Benar Adil.

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, Rabu (1/12), berikut ini penjelasan mengenai kelima nama-nama Allah.

1. Al Hakam, Sang Hakim

Al-Hakam, mengacu pada besarnya kekuasaan Allah untuk menghakimi dan mengadili dengan keadilan yang sempurna. Allah pula yang membuat beberapa perbuatan halal dan haram, Dia memberi petunjuk dan memberlakukan larangan. Allah memiliki kekuasaan legislatif penuh dan tidak ada yang bisa menggulingkan keputusan-Nya.

"Apakah aku akan mencari hakim selain Allah padahal Dialah yang telah menurunkan kepadamu Kitab yang dijelaskan secara rinci? (Quran 6:114 )

Apa yang Allah undang tidak membebani atau tidak adil; Aturan-aturan-Nya yang sempurna melindungi semua orang, baik yang beriman maupun yang tidak beriman. Hakim itu bijaksana, keputusan-Nya memberikan keadilan. Dalam Hikmah-Nya Al Hakam telah menetapkan seseorang tidak harus menanggung dosa orang lain. Selain itu, seseorang tidak pernah dihukum lebih dari yang pantas dia terima, dan dia juga tidak kehilangan manfaat dari perbuatan baiknya.

"Barang siapa membawa kebaikan, maka baginya sepuluh kali lipat darinya; Dan barang siapa yang membawa kejelekan, maka hanya mendapat balasan yang serupa dengannya, dan mereka tidak dianiaya. (Al-Qur'an, 6:160 )

 

 

photo
Tiga jalan sufistik menuju Allah SWT - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement