Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Ini Fakta Kemajuan AI dan Robot di Dunia Gantikan Manusia

Rabu 01 Dec 2021 14:14 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Agus Yulianto

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) eselon III dan IV akan diganti dengan AI untuk mempercepat proses birokrasi.

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) eselon III dan IV akan diganti dengan AI untuk mempercepat proses birokrasi.

Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menggunakan AI untuk mengotomatisasi tugas dapat mengancam untuk menggantikan pekerja

REPUBLIKA.CO.ID, Kemajuan teknologi semakin baik berkat dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Banyak pekerjaan manusia di dunia yang bisa digantikan oleh robot, sebagai sebuah produk teknologi kecerdasan ini, seperti di bidang layanan publik seperti profesi petugas bank, hingga transportasi, seperti sopir bus, taksi, dan truk. 

Namun, hal tersebut perlahan memicu kekhawatiran bahwa peran manusia pada akhirnya akan tergantikan di berbagai bidang. Banyak peneliti yang memprediksi bahwa kemajuan teknologi semakin pesat dan bahkan membuat dunia kerja dikuasai oleh robot-robot canggih. 

Di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) eselon III dan IV akan diganti dengan AI untuk mempercepat proses birokrasi. Menurut Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Badan kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama, digitalisami sudah mulai dilakukan pada sektor layanan publik maupun manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dałam beberapa tahun terakhir.

Satya mengatakan, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, pekerjaan yang sifatnya administratif, rutinitas, dan repetitif, serta memiliki prosedur operasi standar jelas dapat digantikan dengan teknologi. Transformasi digital akan terus dilakukan di Nusantara, namun bukan berarti semua PNS akan digantikan oleh robot cerdas. 

Dalam sejumlah film fiksi ilmiah, cerita mengenai robot pengganti manusia beberapa kali diangkat. Seperti di Surrogates, garapan sutradara Jonathan Mostow yang menceritakan bahwa di masa depan, dunia dipenuhi dengan robot yang disebut Surrogates. 

Surrogates adalah sebuah robot berteknologi tinggi yang bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk melakukan apa saja. Dengan memilikinya, manusia bisa merasakan aktivitas di luar tanpa khawatir akan terluka, tertular penyakit, atau terancam bahaya lainnya karena kontak dengan orang lain.

 

photo
Robot menggantikan manusia (ilustrasi). - (ABC)
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA