Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Wagub Kalsel Bersyukur Kemajuan Pembangunan Pertanian Tapin

Rabu 01 Dec 2021 09:25 WIB

Red: Gita Amanda

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhidin menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Kabupaten Tapin, di Pendopo Galuh Bastari, Rantau Baru, Selasa (30/11).

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhidin menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Kabupaten Tapin, di Pendopo Galuh Bastari, Rantau Baru, Selasa (30/11).

Foto: Pemprov Kalsel
Salah satu keunggulan Tapin terletak pada kemajuan pembangunan pertanian

REPUBLIKA.CO.ID, TAPIN -- Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhidin menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Kabupaten Tapin, di Pendopo Galuh Bastari, Rantau Baru, Selasa (30/11). Wagub bersyukur atas kemajuan pembangunan pertanian di Tapin.

Mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wagub Muhidin atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan selamat Hari Jadi ke-56 pada Kabupaten Tapin. "Semoga di usia ke-56 tahun ini, seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tapin semakin bersemangat untuk memajukan daerah, membangun sinergi dan kebersamaan dalam melanjutkan pembangunan," ajaknya.

Baca Juga

Diketahui, salah satu keunggulan Tapin terletak pada kemajuan pembangunan pertaniannya. Muhidin mengungkapkan syukur dan gembira atas kemajuan sektor pertanian Tapin. Salah satunya adalah pengembangan varietas lokal yang saat ini terus dikembangkan adalah cabai rawit hiyung.

photo
Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhidin menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Kabupaten Tapin, di Pendopo Galuh Bastari, Rantau Baru, Selasa (30/11). - (Pemprov Kalsel)

Cabai ini kemudian diolah menjadi berbagai macam produk, seperti sambal, cabai bubuk, hingga abon. Pemprov kalsel pun mendukung dan memfasilitasi sektor pertanian di Tapin, dengan menyalurkan bantuan senilai 1,2 miliar rupiah pada Oktober 2021 lalu.

"Di usia ke-56 ini, telah banyak capaian pembangunan yang diraih oleh Kabupaten Tapin. Apalagi saat ini Tapin memegang peran sentral bagi kemajuan Kalimantan Selatan," paparnya Muhidin.

Untuk mengoptimalkan pembangunan, kata Muhidin, penting memelihara kebersamaan dan kekeluargaan. "Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Tapin, agar terus membangun semangat kebersamaan dan kerukunan, sehingga berbagai agenda pembangunan berjalan dengan baik," ujar Muhidin.

Sementara itu, Bupati Tapin Arifin Arpan mengungkapkan tantangan pembangunan ke depannya makin tinggi. Kalimantan Selatan diproyeksikan sebagai jalur logistik dan penyangga pangan bagi ibu kota baru.

"Kita, segenap warga Tapin, harus mempersiapkan diri untuk mengembangkan sektor pertanian lebih baik lagi," kata Bupati.

Terkait capaian vaksinasi, ia menyebutkan telah mencapai angka sekitar 50 persen. Tapin  terus berupaya mengejar 70 persen di Desember.

"Saya imbau kepada warga Tapin yang belum vaksin, agar segera melakukan vaksinasi," imbaunya.

HUT Kabupaten Tapin kali ini mengusung tema "Tapin Maju, Tapin Unggul, Harapan Kita". Acara dirangkaikan dengan penantanganan prasasti pembangunan gedung di Kabupaten Tapin, disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalsel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA