Sunday, 20 Jumadil Akhir 1443 / 23 January 2022

Brasil Konfirmasi Dua Kasus Pertama Varian Omicron 

Rabu 01 Dec 2021 07:05 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi virus corona. Pejabat kesehatan di Brasil melaporkan dua kasus varian omicron pertama yang dikonfirmasi. Ini menjadi kasus pertama di Amerika Latin.

Ilustrasi virus corona. Pejabat kesehatan di Brasil melaporkan dua kasus varian omicron pertama yang dikonfirmasi. Ini menjadi kasus pertama di Amerika Latin.

Foto: Pixabay
Dua pelancong datang dari Afrika Selatan menunjukkan gejala covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Pejabat kesehatan di Brasil melaporkan dua kasus varian omicron pertama yang dikonfirmasi. Dua pelancong yang datang dari Afrika Selatan menunjukkan gejala dan memiliki hasil tes positif Covid-19.

Sekretariat Kesehatan negara bagian Sao Paulo mengatakan, seorang pria berusia 41 tahun dan seorang wanita berusia 37 tahun, kini berada dalam isolasi.  Keduanya menjalani tes pada 25 November dan menunjukkan gejala ringan pada saat itu.
 
Kedua pelancong tiba di Brasil pada 23 November dan menjalani tes PCR, sebelum perjalanan yang dijadwalkan dua hari kemudian. Mereka kemudian menjalani tes lagi di bandara internasional Guarulhos, di luar Sao Paulo, sebelum penerbangan kembali ke Afrika Selatan. Hasil tes mereka menunjukkan positif Covid-19.
 
“Setelah hasil positif, pasangan itu diinstruksikan untuk tetap diisolasi di rumah.  Keduanya dipantau oleh negara bagian dan kota (pihak berwenang), serta anggota keluarga masing-masing,” kata Sekretariat Kesehatan Sao Paulo.
 
Sekretariat Kesehatan Sao Paulo menambahkan, kedua pelancong itu tidak terdaftar di platform vaksinasi negara bagian. "Penyelidikan awal tidak mengidentifikasi mereka divaksinasi di tempat lain," ujarnya.
 
Sekretariat Kesehatan Sao Paulo mengatakan, pasangan itu tinggal di Afrika Selatan dan sedang mengunjungi Brasil. Namun pihak berwenang tidak mengungkapkan kewarganegaraan mereka. Ini adalah kasus pertama varian omicron yang dikonfirmasi di Amerika Latin. 
 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA