Monday, 21 Jumadil Akhir 1443 / 24 January 2022

Tips Tidur yang Aman untuk Bayi

Rabu 01 Dec 2021 06:48 WIB

Rep: Mgrol131/ Red: Gita Amanda

Bayi tidur

Bayi tidur

Foto: pixabay
Kasur merupakan unsur utama yang menentukan keamanan dan kenyamanan tidur bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Berbagai cara dilakukan orang tua kepada bayinya agar mereka dapat tidur dengan aman dan nyaman, seperti menggunakan selimut, menaruh mainan favoritnya, lampu malam, dan lainnya. Namun, tidak semua hal yang diberikan orang tua tersebut boleh dihadirkan kepada bayinya

saat tidur.

Baca Juga

Melansir dari Female First, Co-Founder dari Nini Baby Suze Patel, berbagi lima hal apa saja yang tidak boleh ada di ranjang bayi saat mereka tidur :

1. Pelindung tempat tidur bayi

Bumper tempat tidur bayi atau bantalan yang biasa dipasang di tepi bagian dalam tempat tidur, yang berguna untuk mencegah kepala atau anggota tubuh bayi terbentur dan tersangkut di jeruji tempat tidurnya. Tetapi, justru dipan seperti itu ternyata tidak sepenuhnya aman dan harus dihindari. Ranjang bayi haruslah bersih dan tidak berantakan.

2. Kasur yang tidak aman

Kasur merupakan unsur utama yang dapat menentukan bagaimana keamanan dan kenyamanan tidur bayi. Semua Kasur harus memiliki standar keamanan yang diperlukan serta terjamin kekokohannya untuk menopang tidur bayi. Kasur bayi harus terjaga sekali kebersihannya, dan pelindung kasur sebaiknya yang tidak memiliki tepi yang longgar agar tidak ada potensi bayi tersangkut di ranjangnya.

3. Selimut dan bantal

Mungkin kedua barang ini menjadi pelengkap tidur bayi yang umumnya selalu dihadirkan di ranjang mereka. Namun siapa sangka, batal dan selimut dapat berpotensi menjadi barang yang berbahaya untuk bayi. Untuk itu, pastikan ruang tidur bayi bersih dari sesuatu yang dapat membuatnya tersangkut.

Namun jika khawatir mereka akan kedinginan, maka pilihlah selimut yang tipis serta nyaman untuk bayi, agar mereka tidak tersangkut saat dirinya memiliki banyak pergerakan saat tidur.

4. Mainan lembut atau boneka

Mainan terkadang menjadi barang favorit orang tua untuk ditaruh di ranjang bayi, yang mereka pikir dapat menemani tidur buah hati. Tetapi ternyata barang ini tidak boleh disimpan di tempat tidur bayi. Karena mainan lunak yang dihadirkan di ranjang mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan terbukti dapat berisiko yang lebih bahaya lagi, bahkan hingga kematian.

5. Anggota keluarga

Bagi sejumlah orang tua, tidur bersama bayi menjadi momen yang spesial. Namun siapa sangka, tidur dengan bayi ini memiliki suatu risiko dan para ahli menyarankan untuk menghindarinya.

Jika memang Anda memerlukan tidur bersama bayi, pertimbangkan dan mintalah saran dari orang yang professional yang dapat memberikan panduan yang tepat bagaimana Anda dapat tidur dengan mereka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA