Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Pakistan Jadi Tuan Rumah Pertemuan OKI

Rabu 01 Dec 2021 05:54 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Pakistan Jadi Tuan Rumah Pertemuan OKI. Foto: logo-OKI

Pakistan Jadi Tuan Rumah Pertemuan OKI. Foto: logo-OKI

Pertemuan OKI akan membahas soal Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD --- Pakistan akan menjadi tuan rumah pertemuan para menteri luar negeri dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) bulan depan. Pertemuan itu untuk membahas krisis kemanusiaan yang membayangi di Afghanistan.

"Kita harus meningkatkan upaya kolektif kita untuk meringankan kebutuhan kemanusiaan rakyat Afghanistan," kata Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi, dalam sebuah pernyataannya seperti dilansir Iqna.ir pada Rabu (1/12).

Baca Juga

PBB telah berulang kali memperingatkan bahwa Afghanistan berada di ambang krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Karena itu Qureshi mengatakan OKI harus turun tangan untuk membantu rakyat di Afghanistan. 

Tawaran Pakistan sebagai tuan rumah OKI datang atas permintaan dari Arab Saudi yang saat ini memimpin kelompok beranggotakan 57 anggota. Ini kemungkinan akan menjadi pertemuan internasional terbesar di Afghanistan sejak kembalinya Taliban.

Setelah Taliban merebut kekuasaan menyusul penarikan tentara AS pada Agustus, lebih dari separuh negara itu menghadapi kekurangan pangan parah. Prediksi musim dingin yang panjang  meningkatkan kekhawatiran ancaman kelaparan massal dan migrasi. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA