Rabu 01 Dec 2021 00:47 WIB

Cara Kapolda Metro Jaya Cegah Balapan Liar

Kapolda Metro Jaya akan membina pemuda yang sering melakukan balapan liar.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bayu Hermawan
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan pihaknya bakal merangkul para pemuda yang sering melakukan balap liar khususnya di wilayah Jadetabek. Karena itu pihaknya berencana untuk membuat kegiatan balapan resmi.

"Saya mau buat. Rencana saya, doakan saya mudah mudahan (terealisasi). saya akan membuat balapan untuk para balap liar," ujar Fadil saat bertemu dengan pembalap binaan Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji yang menjadi wakil Indonesia di kejuaraan dunia Moto3 musim 2022, Selasa (30/11).

Baca Juga

Dengan dibuatkannya ajang balapan resmi, Fadil berharap tidak ada lagi pemuda yang melakukan balapan liar di jalanan umum. Sebab, kata dia, kegiatan balap liar yang kerap dilakukan oleh pemuda cukup mengganggu ketertiban umum dan meresahkan memasyarakat.

"Anak-anak kita ini yang suka aneh-aneh, jalan raya dipakai balap sehingga mengganggu orang lain bahkan membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain," kata Fadil.

Kendati demikian, Fadil menegaskan, mereka yang melakukan balap liar tidak harus ditangkapi tapi dilakukan pembinaan. Sehingga tidak lagi melakukan kegiatan tersebut. Dengan adanya pembinaan, nantinya diharapkan memunculkan pembalap-pembalap handal yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, seperti yang dilakukan oleb Mario.

"Saya sudah dapat banyak masukan dari masyarakat supaya Pak Kapolda tolong ini balap liar malam hari dibina, bukan ditangkapi, tetapi dibina," tutur Fadil. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement