Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Urutan Booster Vaksin Terbaik untuk Tangkal Omicron

Rabu 01 Dec 2021 00:22 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Gambar pertama varian omicron vs delta dirilis oleh pakar dari ANSA, Italia. JVCI mengungkapkan urutan vaksin yang cocok untuk digunakan sebagai booster dalam menghadapi varian omicron.

Foto:
JCVI sebut vaksin merek tertentu lebih andal sebagai booster dalam tangkal omicron.

Vaksin Pfizer dan Moderna disebut memberi lebih banyak perlindungan dalam hal produk booster dibandingkan AstraZeneca. Meski demikian, AstraZeneca masih memberikan perlindungan yang substansial terhadap berbagai varian Covid-19, meski tidak menyamai dua produk lainnya.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan bahwa vaksin Pfizer harus diberikan sebagai booster, terlepas dari jenis vaksin yang diterima oleh orang-orang di negara itu untuk dosis pertama dan kedua. JCVI juga mengeluarkan saran bahwa program booster harus didapatkan sesuai usia dan orang-orang dengan kelompok risiko kesehatan tertentu.

Mereka yang mengalami gangguan kekebalan tubuh juga diminta untuk mendapatkan dosis ketiga, bahkan sekalipun sudah menerima tiga dosis sebelumnya. Menurut apoteker di Pharmacy2U Inggris bernama Phil Day, masyarakat harus mendapatkan booster tidak lebih awal dari enam bulan setelah Anda menerima dosis kedua vaksin Covid-19.

Baca juga : Gejala Varian Omicron, Vaksin, dan Langkah Pencegahannya

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA