Selasa 30 Nov 2021 16:24 WIB

Tanda iPhone akan Mati dan tak Bisa Dipakai Lagi

Perhatikan beberapa tanda sebelum iPhone benar-benar mati dan tak bisa dipakai lagi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda iPhone akan mati atau terbakar (ilustrasi).
Foto: Flickr
Tanda iPhone akan mati atau terbakar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perangkat iPhone menjadi ponsel pintar yang banyak diminati. Fasilitas maupun fitur yang ditawarkan telah menarik hati para pencinta gawai, namun perawatannya juga penting untuk diperhatikan. 

Salah satunya memperhatikan peringatan sebelum iPhone benar-benar mati dan tidak bisa dipakai lagi. Jika pengguna mengabaikan peringatan, biasanya mengakibatkan iPhone bisa benar-benar mati atau bahkan terbakar. Berikut adalah lima tanda peringatan bahwa iPhone akan segera mati, seperti dilansir di Zdnet, Selasa (30/11):

Baca Juga

1. Sentuhan acak

Sentuhan acak pada layar dapat disebabkan oleh kerusakan layar atau kegagalan internal. Sentuhan yang bisa dipicu kerusakan ini juga dapat menjadi sesuatu yang semakin buruk dari waktu ke waktu sehingga berakhir dengan tingkat sentuhan yang lebih liar. Hal ini membuat layar menjadi tidak responsif terhadap sentuhan.

2. Restart acak

Perhatikan iPhone jika sudah mulai reboot secara acak. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. 

Baterai yang buruk bisa termasuk dalam salah satu faktor tersebut. Pengguna akan mendapatkan pesan terkait jika ini adalah penyebab masalahnya, tetapi penyebab lain bisa juga karena mainboard yang rusak atau koneksi yang longgar.

3. Tidak terisi daya

Saat daya baterai hampir habis, iPhone dapat langsung mati. Namun beberapa hal yang dapat dicoba, yakni menyalakan ulang iPhone, coba kombinasikan pengisi daya atau kabel yang berbeda. Atau coba juga pengisian nirkabel jika iPhone memiliki fasilitas tersebut.

4. Layar bengkak 

Masalah ini biasanya merupakan tanda bahwa baterai telah membengkak. Ini bukan pertanda baik karena baterai yang rusak adalah baterai berbahaya. Jangan coba-coba menekan iPhone, karena ini dapat merusak tampilan atau membuat baterainya bocor.

Jangan sepelekan berbahayanya baterai yang rusak. Jangan pula mengisi daya dan perbaiki sesegera mungkin.

5. Layar hitam pada logo Apple

Apple memiliki beberapa dokumen pendukung yang memungkinkan perangkat untuk memperbaiki dirinya sendiri. Jika tidak, maka pengguna yang harus membawa iPhone ke Apple Store untuk mengatasi masalahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement