Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Reaksi Pedri Seusai Terpilih Sebagai Pemain Muda Terbaik

Selasa 30 Nov 2021 16:34 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar

Pedri memegang trofi Kopa Ballon dOr 2021 untuk pemain muda terbaik tahun ini dalam upacara Bola Emas ke-65 di Theatre du Chatelet, di Paris, Selasa (30/11) dini hari WIB.

Pedri memegang trofi Kopa Ballon dOr 2021 untuk pemain muda terbaik tahun ini dalam upacara Bola Emas ke-65 di Theatre du Chatelet, di Paris, Selasa (30/11) dini hari WIB.

Foto: AP/Christophe Ena
Saya ingin berterima kasih kepada Barcelona, timnas, rekan setim saya.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Gelandang Barcelona, Pedri mulai mengukir tinta emas dalam sejarah sepak bola. Usianya baru 19 tahun.

Ia tak tergantikan di lini tengah Barca dan tim nasional Spanyol. Teranyar, sosok bernama lengkap Pedro Gonzalez Lopez itu memenangkan penghargaan individu Kopa Trophy. Dalam sebuah seremoni Ballon d'Or di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (30/11) dini hari WIB, ia terpilih sebagai pemain muda terbaik dunia edisi terkini.

"Saya ingin berterima kasih kepada Barcelona, timnas, rekan setim saya. Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk keluarga saya yang selalu ada untuk saya," kata Pedri, dikutip dari marca.

Tak lupa, ia menyinggung Pulau La Palma. Ia berasal dari klub di daerah tersebut sebelum berlabuh di Barca. Masyarakat setempat sedang mengalami masa sulit karena leutusan gunung berapi.

Pedri mengalahkan sejumlah wondekid yang menjadi nominasi peraih Kopa Trophy 2021. Ada Mason Greenwood, Bukayo Saka, Jeremy Doku, Ryan Gravenberch. Kemudian Jamal Musala, Florian Wirtz, Jude Bellingham, Giovanni Reyna dan Nuno Mendes.

Bukan sesuatu yang mengejutkan. Sepanjang musim lalu, ia membela Blaugrana dalam 56 pertandingan di berbagai ajang. Timnya menjadi juara Copa del Rey.

Pedri membela Spanyol di Piala Eropa 2020. Skuat polesan Luis Enrique melaju ke semifinal. Sang gelandang terpilih sebagai pemain muda terbaik ajang tersebut.

Belum sempat memulihkan kondisinya, jebolan akademi Las Palmas itu langsung terbang ke Jepang. Ia ikut membela tim U-23 La Roja di Olimpiade Tokyo.

Pedri dan rekan-rekan mendapat pedali perak cabang olahraga sepakbola. Di partai final, skuat negeri matador dikalahkan Brasil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA