Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image DEVIN PUTRA FIRMANTO

Pentingnya Studi Kawasan Asia Tenggara Bagi Mahasiswa HI

Politik | Monday, 29 Nov 2021, 14:07 WIB

Studi Kawasan sangatlah penting untuk dipelajari karena Studi Kawasan adalah Studi yang mengkhususkan diri dalam mengamati keberadaan suatu negara atau wilayah. Dengan berkembangnya hubungan internasional, studi-studi kawasan mulai mengadaptasi perkembangan tersebut. Sebelum memulai pengembangan studi wilayah, penting untuk memahami perbedaan mendasar yang saling terkait dalam makna regionalisme, regionalisme, dan regionalisasi.

Hal ini dikarenakan penggunaan ketiga kata tersebut masih sangat membingungkan di kalangan sarjana internasional. Fawcett (2005) mendefinisikan istilah "region" atau "region" sebagai suatu kesatuan wilayah dengan tiga ciri utama. Pertama, wilayah terdiri dari unit-unit regional yang lebih kecil dari sistem internasional tetapi lebih besar dari negara bagian.

Indonesia harus selalu fokus pada studi kawasan. Dengan menjelajahi wilayah dan melakukan studi, Indonesia dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan wilayah, dan informasi yang diperoleh akan sangat membantu dalam menentukan pembangunan Indonesia ke depan.

Studi wilayah sendiri memiliki arti penelitian tentang hubungan internasional yang terkait dengan wilayah dan negara, mengingat unsur-unsur esensialnya, sehingga setelah diteliti, dimungkinkan untuk memahami kemungkinan wilayah dan negara meningkat. Dengan mempertimbangkan perkembangan ekonomi dan situasi geopolitik Indonesia, kawasan Asia Tenggara menjadi fokus penelitian sains regional.

Indonesia akan memahami pro dan kontra dari negara tetangga dengan memperdalam penelitian mereka di kawasan Asia Tenggara, mengingat ada beberapa negara di ASEAN dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat, seperti Singapura dan Brunei Darussalam. Selain kawasan ASEAN, Indonesia perlu melakukan survei regional terhadap Amerika Serikat dan China, karena Amerika Serikat dan China merupakan salah satu negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat.

Indonesia tentunya dapat digunakan untuk menentukan arah pembangunan ke depan. Dalam retrospeksi, Indonesia telah bekerja sama dengan Cina, terutama berkat penelitiannya dalam studi wilayah Cina, terutama di sektor infrastruktur. Indonesia baru-baru ini bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Oleh karena itu, kawasan yang penting untuk dipelajari merupakan Kawasan Asia Tenggara karena Kawasan Asia Tenggara menjadi inti dari lingkaran konsentris kebijakan luar negeri Indonesia karena nilai-nilai strategisnya terkait geopolitik, pertahanan dan keamanan, ekonomi, masyarakat dan budaya, alam dan sumber daya manusia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image