Selasa 30 Nov 2021 11:33 WIB

Tantangan Transformasi Digital Industri Dalam Negeri

Berkembang tren untuk bekerja tidak lagi terbatas oleh ruang.

PointStar bekerja sama dengan Google Cloud menawarkan solusi bagi industri untuk melakukan transformasi digital.
Foto: .
PointStar bekerja sama dengan Google Cloud menawarkan solusi bagi industri untuk melakukan transformasi digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang hampir berlangsung selama dua tahun di Indonesia memaksa masyarakat mengubah perilakunya. Permintaan layanan internet meningkat, begitu pula dengan transaksi e-commerce dan layanan digital lainnnya yang memberikan dampak signifikan pada industri.

Perusahaan-perusahaan pun tak terkecuali gencar melakukan percepatan transformasi digital. Pada masa mendatang, tantangan ekspansi untuk industri akan terus meningkat seiring bertambahnya kebutuhan pasar. 

Menjawab kebutuhan tersebut, PointStar bekerja sama dengan Google Cloud menawarkan solusi bagi industri untuk melakukan transformasi digital. General Manager PointStar, Natanael Sibarani, mengatakan saat ini tantangan perusahaan yang sebenarnya bukan hanya saat pandemi berlangsung, tetapi juga pada kondisi setelahnya (post-new normal). "Bagaimana perusahaan dapat tetap produktif dengan cara kerja yang sudah terbiasa jarak jauh," ujar dia dalam acara Go Digital Summit 2021.

Menurut Natanael, berkembang tren untuk bekerja tidak lagi terbatas oleh ruang. Dengan solusi cloud, tidak hanya dapat mengakomodir kebutuhan produktivitas itu, namun juga dapat membantu perusahaan untuk berkembang pesat. "Implementasi cloud dapat digunakan untuk memperluas layanan yang diberikan pada pelanggan dengan fleksibilitas tinggi,” katanya.

Google Cloud, ujar dia, dapat menjadi jawaban untuk semua usaha, mulai dari UMKM hingga enterprise. Fleksibilitas dan skalabilitas yang ditawarkan layanan cloud dapat membantu perusahaan menekan biaya operasional dengan metode pembayaran pay-as-you-go

"Mempertimbangkan kebutuhan compliance perusahaan, kami bekerja sama dengan Google Cloud untuk memberikan layanan kolaborasi, infrastruktur, dan automation berbasis cloud," ujarnya. "Pelanggan tidak perlu khawatir dengan keamanan layanan cloud, karena seluruh data pelanggan aman tersimpan di data center di Indonesia."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement