Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

...

Pemain Asal Italia dan Dominasi Ballon d’Or 2021

Selasa 30 Nov 2021 11:54 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Chelsea dan timnas Italia, Jorginho. Jorginho menempati urutan ketiga Ballon d'Or 2021.

Pemain Chelsea dan timnas Italia, Jorginho. Jorginho menempati urutan ketiga Ballon d'Or 2021.

Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Italia mengirimkan lima pemain ke nominasi Ballon d’Or 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi meraih penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d’Or) 2021 yang ketujuh kali dalam kariernya. Ia mengalahkan dua rival terdekatnya yaitu striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski dan gelandang Chelsea Jorginho.

Tetapi ada yang menarik di luar penghargaan untuk Messi, yakni rekor Italia yang banyak mengirimkan pemainnya menjadi nominasi peraih Ballon d’Or 2021.

Baca Juga

Dilansir dari Football Italia, Selasa (30/11), ada lima pemain Italia yang masuk ke dalam 30 daftar nominasi peraih Ballon d’Or 2021 sekaligus mendominasi nominasi. Para pemain itu adalah Jorginho, Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, Georgio Chiellini, dan Nicolo Barella. Jumlah tersebut yang terbanyak sejak 2007.

Keberhasilan Italia mengirimkan lima pemain ke nominasi Ballon d’Or 2021 tak lepas dari perjalanan timnas Italia yang menakjubkan di bawah asuhan Roberto Mancini. Lima pemain tersebut andalan Mancini di setiap pertandingan. Skuad Azzuri menjadi tim yang sulit dikalahkan oleh siapapun.

Puncaknya Italia meraih gelar Piala Eropa musim panas kemarin dengan mengalahkan Inggris di partai puncak. Skuad asuhan Mancini mungkin bisa dibilang yang terbaik dalam satu dekade terakhir. Beberapa di antaranya paling menonjol.

Jorginho merupakan gelandang favorit Mancini. Ia seorang pemain yang lihai dalam menguasai lini tengah. Tak hanya berprestasi di level timnas, ia juga menjadi bagian penting skuad Chelsea ketika memenangkan Liga Champions. Pada penghargaan Ballon d’Or 2021, ia menempati urutan ketiga daftar suara.

“Ini merupakan tahun yang luar biasa. Saya sangat senang dan bangga pada diri saya sendiri dan seluruh tim, kedua tim. Tim nasional dan Chelsea. Kami melakukan pekerjaan yang luar biasa dan saya sangat berterima kasih,” kata Jorginho.

Sang pemain tak bisa pergi ke acara penghargaan yang berlangsung di Paris, Prancis, Selasa (30/11) dini hari WIB, karena pembatasan perjalanan di Inggris. Dalam kesempatan tersebut, Chelsea dinobatkan sebagai klub terbaik tahun ini.

Prestasi lebih baik diraih oleh rekan Jorginho, Donnarumma. Kiper Paris Saint-Germain (PSG) itu dinobatkan sebagai kiper terbaik 2021. Donnarumma mengatakan, perjalanan luar biasanya dimulai ketika bersama AC Milan. Ia mengantar Rossoneri kembali ke Liga Champions, lalu memenangkan Piala Eropa bersama Italia.

“Kami memberikan kegembiraan kepada semua orang Italia dan untuk diri kami sendiri. Saya masih tidak bisa berkata-kata. Kemudian saya bergabung dengan PSG dan saya sangat bangga,” ujar Donnarumma.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA