Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

...

Messi dan Koleksi Ballon d'Or yang Seakan tak Pernah Henti

Selasa 30 Nov 2021 10:17 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi memenangkan Ballon d'Or 2021.

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi memenangkan Ballon d'Or 2021.

Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Messi satu-satunya pemain yang bisa meraih tujuh trofi Ballon d'Or dalam kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Bintang sepak bola asal Argentina, Lionel Messi, resmi menyandang pemain terbaik di dunia setelah menyabet trofi Ballon d'Or edisi 2021, Selasa (30/11) dini hari WIB. Ini merupakan gelar yang ketujuh bagi La Pulga, julukannya.

Ballon d'Or merupakan ajang tahunan sejak 1956 untuk memilih pesepak bola terbaik di dunia. Ajang ini sempat ditunda tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga

Kembali bergulir pada 2021, sebanyak 180 jurnalis di seluruh dunia memilih pesepak bola yang berhak menyandang status paling top. Tahun ini pun resmi menjadi milik Messi.

Sepanjang sejarah sepak bola dunia, Messi menjadi satu-satunya manusia yang bisa meraih tujuh trofi dalam kariernya. Ia meraih Ballon d'Or pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Sang rival, Cristiano Ronaldo, ada di belakang Messi dengan lima trofi. Memegang rekor tersendiri, Messi mengaku tidak menyangka bisa kembali memenangkan prestasi di usia yang termasuk senior.

"Sangat menakjubkan bisa berada di sini lagi. Dua tahun lalu saya berpikir itu adalah terakhir kali saya memenangkan ini. Orang-orang mungkin berpikir saya akan pensiun, tapi saat ini saya sangat bahagia," kata Messi seperti dilansir BBC Sport, Selasa (31/11).

Messi menyatakan tahun ini sangat spesial baginya karena untuk pertama kalinya bisa memenangkan trofi bergengsi di tim senior. Pasalnya, Messi dan timnas Argentina beberapa kali gagal juara meski sudah berada di partai final.

Messi pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukungnya tanpa henti. Pemain usia 34 tahun ini mengakui selain bahagia, ada perasaan sedih karena mendapat hujan kritik dari berbagai pihak.

"Saya tidak tahu apakah ini tahun terbaik dalam hidup saya karena sudah menjalani karier sepanjang ini. Tapi yang jelas, trofi ini sangat berharga karena bersanding dengan gelar Argentina di tengah kritik yang ada," jelas La Pulga.

Ada hal menarik yang disampaikan Messi saat menyampaikan pidato sesudah menerima trofi. Menurutnya, orang yang paling layak mendapat Ballon d'Or tahun ini adalah penggawa Bayern Muenchen, Robert Lewandowski. Ia merasa Lewandowski paling pantas setelah menyabet sederet prestasi bersama Bayern Muenchen selama dua tahun terakhir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA