Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Aktor Crocodile Dundee David Gulpilil Meninggal Dunia

Selasa 30 Nov 2021 09:20 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor legendaris David Gulpilil meninggal dunia setelah empat tahun berjuang melawan kanker paru.

Aktor legendaris David Gulpilil meninggal dunia setelah empat tahun berjuang melawan kanker paru.

Foto: EPA
David Gulpilil yang terkenal lewat Crocodile Dundee meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor legendaris asli Australia yang mendapat pengakuan internasional berkat perannya dalam Crocodile Dundee, David Gulpilil, meninggal dunia dalam usia 68 tahun. Aktor Charlie's Country ini telah berjuang melawan kanker paru selama empat tahun.

"Dengan duka mendalam, saya dan masyarakat Australia Selatan mengabarkan meninggalnya seorang seniman ikonik, satu dalam satu generasi yang membentuk sejarah film Australia dan representasi Aborigin di layar, David Gulpilil Ridjimiraril Dalaithngu (AM)," kata Perdana Menteri Australia Selatan Steven Marshall dalam pernyataannya, dilansir New York Post, Selasa (30/11).

Baca Juga

Lahir pada 1 Juli 1953, Gulpilil dibesarkan di pelosok dan tidak pernah mengenyam pendidikan. Dia sering mengatakan bahwa dia belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan. "

Hanya itu yang saya tahu, menari, menyanyi, lempar tombak, dan berburu," ungkap Gulpilil dalam sebuah wawancara pada 2015.

Gulpilil terkenal pada usia 16 tahun, ketika pembuat film auteur asal Inggris, Nicholas Roeg, melihatnya melakukan tarian upacara tradisional. Hit Walkabout (1971) yang dia mainkan ini menceritakan kisah dua saudara kandung yang dibesarkan di kota lalu terdampar di pedalaman, di mana mereka belajar untuk bertahan hidup dengan bantuan seorang anak laki-laki Aborigin dalam ritual pemisahan walkabout dari sukunya.

Gulpilil bermain di tiga film dari 1976 hingga 1977, Mad Dog Morgan, Storm Boy, dan The Last Wave. Gulpilil mungkin paling dikenal dalam Crocodile Dundee pada 1986, film terlaris di Australia dan blockbuster utama di AS.

Gulpilil berperan sebagai Neville Bell yang sangat jenaka, seorang penduduk asli Australia yang bertemu dengan Mick Dundee di semak-semak. Crocodile Dundee merupakan karya Paul Hogan.

Setahun setelah dinobatkan sebagai bintang film internasional, Gulpilil mendapat penghargaan bergengsi di Australia. Dia masuk dalam AM (Member of the Order of Australia) dalam 1987 Queen’s Birthday Honours List untuk pelayanan seni melalui interpretasi budaya Aborigin.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA