Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Sinyal Baik Timnas Menyambut Piala AFF 2020

Selasa 30 Nov 2021 00:28 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar

Pemain Timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Timnas Indonesia akan melaksanakan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menghadapi piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Pemain Timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Timnas Indonesia akan melaksanakan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menghadapi piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Piala AFF 2020 akan diselenggarakan di Singapura pada 5 Desember 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia menunjukkan kemajuan menjelang Piala AFF 2020 yang akan diselenggarakan di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2021.

Di bawah pengawasan pelatih Shin Tae-yong, skuad Garuda terus mengasah kemampuan mereka. Selain latihan internal, Evan Dimas dkk juga melakoni beberapa laga uji coba.

Baca Juga

Skuad Garuda baru-baru ini berhasil meraih kemenangan besar 4-0 dalam laga uji coba melawan Antalyaspor di Limax Football Complex, Antalya Turki, Ahad (28/11). Kuartet gol tersebut masing-masing diciptakan oleh Ricky Kambuaya menit, Witan Sulaeman, Ezra Walian dan Evan Dimas.

Kemenangan ini biaa menjadi indikator bahwa skuad Merah Putih telah mengalami kemajuan. Seperti diketahui, Timnas Indonesia mulai menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 12 November 2021. Shin mengaku puas dengan kemenangan Timnas Indonesia pada laga terakhir.

"Senang dan puas dengan hasil kemenangan telak melawan Antalyaspor, namun isi pertandingan masih kurang. Hari ini kami banyak merotasi pemain dibanding dua uji coba sebelumnya," kata Shin.

"Pada laga ini kami juga punya catatan evaluasi untuk para pemain. Kami harus perbaiki mental dan terus menjaga semangat pemain. Yang jelas selama pemusatan latihan di Turki pemain telah menunjukkan perkembangan yang baik dan terus meningkat," tambahnya.

Laga uji coba melawan Antalyaspor akan menjadi laga terakhir skuad Garuda menjelang Piala AFF 2020. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menilai Timnas Indonesia sudah punya modal yang bagus. Menurutnya, selama pemusatan latihan di Turki, Evan Dimas dan kawan-kawan terus menunjukkan perkembangan yang baik.

"Pemain harus selalu kerja keras, fokus, dan jangan cepat puas. Piala AFF 2020 sudah di depan mata, kami berharap timnas Indonesia meraih hasil terbaik di ajang tersebut," kata Iriawan.

Selama prosesnya, ada dua laga uji coba lain yang dilakoni oleh skuad Garuda. Pada laga uji coba pertama, tim besutan Shin Tae-yong kalah 0-1 melawan Afghanistan.

Laga tersebut berlangsung di Stadion Gloria, Antalya, Turki, pada Selasa (16/11). Evan Dimas dkk sebetulnya cukup memberikan perlawanan pada laga tersebut. Namun, mereka justru kebobolan di menit ke-85 pertandingan.

Setelah kekalahan tersebut, Indonesia pun bangkit dengan kemenangan meyakinkan 4-1 melawan Myanmar di Gloria Sport Arena, Antalya, Turki, Kamis (25/11). Pada laga tersebut, skuad Merah Putih sudah menunjukkan keunggulan mereka sejak babak pertama. Gol-gol dari Ricky Kambuaya, Irfan Jaya dan Witan Sulaeman membawa Indonesia unggul 3-0 saat turun minum.

Kemudian, Ezra Walian memperlebar keunggulan di menit ke-55. Sayangnya, Indonesia gagal melakukan clean sheet setelah Hlaing Bo Bo mencetak gol di menit ke-73. Kendati demikian, kemenangan ini sangat penting bagi skuad Garuda untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka.

"Saat ini tim telah berkembang semakin oke. Fisik dan finishing juga makin meningkat, terbukti empat gol tercipta di laga ini. Gol saya tadi memotivasi agar di ajang Piala AFF 2020 dapat meraih hasil terbaik," kata Irfan Jaya setelah kemenangan tersebut.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA