Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Apple Watch Tahun 1988 Bisa Dijual Hingga Rp 717 Juta 

Selasa 30 Nov 2021 02:30 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agus Yulianto

Apple watch

Apple watch

Foto: Reuters
Astronot di Atlantis Space Shuttle mengirim surat elektrik pertama dengan bantuan Wri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain iPhone, Apple juga memiliki jam tangan yang disebut Apple Watch. Pada tahun 2015, Apple Watch mendapat pujian karena dinilai sebagai perangkat revolusioner di industri jam tangan. Apple Watch laku di lelang karena banyak kolektor yang minat.

Salah satu produk Apple Watch yang dilelang dengan harga tinggi adalah Apple Watch tahun 1988. Perangkat tersebut terhubung ke Macintosh yang memungkinkan pengguna dapat mengirim surat elektronik. 

Sekarang, perangkat itu dilelang dengan harga antara 10 ribu dan 50 dolar Amerika. Jika diubah dalam rupiah, harga itu senilai Rp 143.572.500 dan Rp 717.862.500.

Dijuluki sebagai WristMac, perangkat ini diproduksi oleh pembuat jam tangan terkenal Seiko yang bekerja sama dengan Ex Machina, Inc. Jam tangan ini dapat terhubung ke komputer Macintosh untuk melakukan berbagai pekerjaan. 

Pengguna dapat mengatur alarm satu kali dan berulang setiap hari atau pekan. Selain itu, pengguna juga menyimpan nomor telepon dan membuat catatan yang dapat ditransfer ke disk sebagai file teks.

Sesuai ComicConnect, juru lelang WristMac saat ini, astronot di Atlantis Space Shuttle mengirim surat elektrik pertama dari luar angkasa dengan bantuan WristMac. Dapat dibayangkan, fungsi-fungsi ini dianggap sebagai pekerjaan lanjutan untuk ditangani oleh komputer di tahun 1980-an.

Oleh karena itu, ComicConnect menyatakan, perangkat ini adalah bagian yang sangat langka dan tidak jelas dari sejarah teknologi. Penemuan perangkat dinilai luar biasa bagi kolektor, investor, dan penggemar Apple. Perangkat saat ini terdaftar di situs web ComicConnect.

Dikutip Beebom, Senin (29/11), tawaran yang sudah terlihat saat ini adalah 1.050 dolar Amerika. Karena masih akan ditayangkan hingga 20 hari ke depan, harga diperkirakan akan segera naik. Juru lelang mengklaim varian WristMac nomor model 70216 dalam kondisi murni.

Model ini dilaporkan dijual dengan harga kurang dari 50 dolar Amerika selama penjualan penutupan di gudang Connecticut Mac. Pembeli asli tidak membuka kemasan asli perangkat meskipun kotak dibuka. 

 

 

Sumber:

https://beebom.com/apple-watch-device-1988-could-sell-up-to-50000-auction/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA