Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Omicron Tanda Dunia Masih Harus Waspada

Selasa 30 Nov 2021 00:55 WIB

Red: Nora Azizah

Temuan varian baru Omicron harus membuat dunia terus waspada.

Foto:
Temuan varian baru Omicron harus membuat dunia terus waspada.

Sementara, pakar penyakit menular terkemuka Afrika Selatan Prof Salim Abdool Karim mengatakan, vaksin COVID-19 kemungkinan efektif untuk mencegah penyakit parah dan kasus rawat inap akibat varian virus corona Omicron yang baru ditemukan. Dalam konferensi pers pada Senin (29/11), Karim menilai masih terlalu dini untuk mengatakan apakah Omicron menyebabkan gejala klinis yang lebih parah daripada varian sebelumnya, meskipun tampaknya lebih menular dan lebih mungkin menginfeksi orang yang memiliki kekebalan dari vaksin atau infeksi sebelumnya.

Penemuan varian tersebut di Afrika bagian selatan telah menimbulkan reaksi global yang kuat. Negara-negara di dunia membatasi perjalanan dari wilayah tersebut dan memberlakukan pembatasan lain karena takut Omicron dapat menyebar dengan cepat bahkan pada populasi yang telah divaksin.

Namun, para ilmuwan belum bisa memastikan apakah varian Omicronlebih mematikan ketimbang varian sebelumnya yang menyebabkan COVID-19, atau apa efek vaksin yang ada terhadap penyakit yang ditimbulkannya. Pada Ahad (28/11), seorang dokter Afrika Selatan, salah satu orang pertama yang mencurigai varian baru itu, mengatakan, Omicron sejauh ini menunjukkan gejala ringan. Pemerintah Afrika Selatan melakukan segala hal yang mungkin untuk mempersiapkan fasilitas kesehatannya menghadapi varian tersebut.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA