Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Pakar Jelaskan Efek Booster dalam Melindungi dari Covid-19

Senin 29 Nov 2021 19:26 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

'Booster' kini sudah diizinkan diberikan pada seluruh orang dewasa.

'Booster' kini sudah diizinkan diberikan pada seluruh orang dewasa.

Foto: republika
'Booster' kini sudah diizinkan diberikan pada seluruh orang dewasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosis ketiga atau tambahan dari vaksin untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (Covid-19), yang dikenal sebagai booster, saat ini telah diizinkan penggunaannya untuk semua orang dewasa di Amerika Serikat (AS). Lebih dari 36 juta orang di AS telah mendapatkan booster. Meski dengan mendapatkan dosis ketiga, perlindungan yang didapatkan menjadi lebih tinggi, para pakar memperingatkan bahwa ada jangka waktu pemberian yang berperan penting dalam manfaat tersebut.

Dilansir dari Best Life Online, Senin (29/11), para ahli kesehatan memperingatkan bahwa dibutuhkan waktu bagi sistem kekebalan tubuh untuk meningkat. Ulysses Wu, direktur di pusat penyakit infeksi dan kepala ahli epidemiologi Hartford Healthcare's System mengatakan bahwa setidaknya butuh tujuh hari agar booster benar-benar memiliki efek.

Baca Juga

Namun, mencapai perlindungan penuh dari suntikan booster tersebut mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari tujuh har. Mo Kharbat, yang menjadi Wakil Kepala Layanan Farmasi di SSM Health of Wisconsin mengatakan sistem kekebalan bereaksi dan memproduksi antibodi setidaknya dua minggu lebih untuk mencegah Covid-19.

Karena itu, peringatan datang bagi orang-orang di seluruh AS yang baru mendapatkan booster pada 19 November lalu. Mereka tidak akan mendapatkan efek perlindungan maksimal dari dosis ketiga tersebut di saat musim liburan Thanksgiving yang berlangsung pada 25 November.

Namun, bukan berarti booster yang diberikan saat ini menjadi percuma. Lon Young, kepala petugas medis di Sistem Kesehatan CapRock di Texas mengatakan bahwa akan tetap ada perbedaan dengan memberikan dosis tambahan sekalipun seseorang terpapar.

"Jika Andamendapat booster bahkan beberapa hari sebelum Thanksgiving dan terpapar, dibutuhkan beberapa hari sebelum infeksi terjadi," jelas Young.

Selama waktu itu, booster memiliki waktu untuk bekerja, sehingga akan mengurangi infeksi yang Anda dapatkan. Young mengatakan tidak pernah ada waktu yang buruk untuk mendapatkan booster.

"Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan booster," kata young menambahkan.

Jika mendapatkan booster sekarang, setiap orang juga memiliki waktu untuk membangun perlindungan optimal sebelum musim liburan pada Desember mendatang. Diantaranya adalah saat Natal pada 25 Desember dan Tahun Baru 2022, dosis ketiga tambahan ini membuat Anda akan merasa lebih nyaman untuk berkumpul dengan orang-orang  tercinta.

Namun, tidak lupa, meski sudah mendapatkan booster, setiap individu harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti menggunakan masker di ruang publik, menjaga jarak sosial, dan rutin mencuci tangan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA