Senin 29 Nov 2021 18:58 WIB

Mentereng di Bundesliga, Lewandowski Raih Ballon D’Or?

Di usianya yang menginjak 33 tahun, Lewandowski memecahkan banyak memecahkan rekor.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Bayern Robert Lewandowski merayakan mencetak gol kelima timnya selama pertandingan sepak bola grup E Liga Champions antara Bayern Munich dan Benfica Lisbon di Munich, Jerman, Selasa, 2 November 2021.
Foto: AP/Matthias Schrader
Pemain Bayern Robert Lewandowski merayakan mencetak gol kelima timnya selama pertandingan sepak bola grup E Liga Champions antara Bayern Munich dan Benfica Lisbon di Munich, Jerman, Selasa, 2 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNICH -- Nama striker Bayern Munich, Robert Lewandowski tak jarang absen dalam laga kompetisi Bundesliga. Di usianya yang menginjak 33 tahun, dia memecahkan banyak rekor.

Belakangan namanya menjadi salah satu kandidat peraih predikat pemain sepak bola terbaik dunia alias Ballon D’Or. Nama Lewandowski menyelip di antara pesohor bola dunia lainnya seperti Lionel Messi, dan Karim Benzema. Malam puncak anugerah bergengsi ini bakal diumumkan di Theatre du Chatelet, Paris, Senin (29/11) malam waktu setempat.

Baca Juga

Terlepas dari perhelatan penghargaan bergengsi itu, perlu kiranya diketahui seberapa pantaskah Lewandowski untuk menjadi yang terbaik di dunia?

Dilansir dari laman resmi  Bundesliga, berikut daftar rekor Lewandoski dalam mengangkat namanya di dunia sepak bola.  Dimulai dari 41 gol  dari 29 laga yang menjadi gol terbanyak dalam satu musim yang dicetak oleh Lewandowski. Sebelumnya, rekor itu dicetak oleh Gerd Muller pada 1971/1972.

Jumlah gol itu membuat Lewandowski mendapatkan sepatu emas untuk pertama kalinya. Rekor individu lain yang dimiliki oleh Lewandowski adalah mencetak gol di 13 pertandingan kandang Bayern Munich beruntun, melampaui Muller dan Jupp Heynckes dengan mencetak gol di 12 pertandingan beruntun. Matchday kelima musim 2021/2022 mencatatkan Lewandowski mencetak total 24 gol dalam 13 pertandingan.

Selain dalam pertandingan kandang beruntun,  pada musim yang sama Lewandowski pun mencetak gol dalam 19 laga di semua kompetisi. Catatan itu turut melampaui rekor Muller dari 15 pertandingan pada musim 1969/1970.

Ada catatan menarik lain yang hanya dimiliki oleh Lewandowski. Dia selalu mencetak gol di pekan pertama setiap musim selama tujuh musim berturut-turut. Dia selalu mencetak gol dalam setiap laga perdana kompetisi yang diikuti oleh Bayern Munich. Yakni dengan mencetak gol pada 11 pertandingan pertama dalam satu musim.

Prestasi lain yang hanya dimiliki Lewandowski adalah satu-satunya pencetak gol terbanyak selama empat musim berturut-turut. Selama empat musim, dia mencetak 41, 34, 22 dan 29 gol di setiap musim.

Catatan lain yang membuat Muller disalip oleh Lewandowski adalah selalu ada gol yang tercipta di setiap seratus menit bermain Lewandowski. Dimana Muller memiliki 105 menit selalu mencetak gol. Pada musim 2020/2021, rata-rata Lewandowski mencetak satu gol setiap 60 menit.

Rasio gol pun tak lepas dari jajal rekor Lewandowski. Rasio gol per pertandingan Lewandowski adalah 0,92 dan menjadi yang terbaik di Bundesliga. Dengan catatan 217 gol dari 236 pertandingan Bundesliga, Muller pun tak bisa menandinginya.

Lewandowski akhirnya melewati posisi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Bundesliga yang diduduki oleh Klaus Fischer dengan 268 gol. Lewandowski berhasil mencetak 291 gol dari 363 penampilan.

Lewandowski masih haru mencetak 74 gol lagi untuk bisa  menduduki puncak pencetak gol terbanyak yang diisi oleh Gerd dengan 365 gol dari 427 pertandingan.

Bayern Munich sendiri memiliki rekor klub dengan meraih sextuple pada musim 2020 lalu. Pada musim itu juga Lewandowski menjadi pemain pertama yang memenangkan liga, piala domestik, dan Liga Champions.

Dia pun menjadi pencetak gol terbanyak di ketiga kompetisi tersebut dengan 34 gol di Bunesliga, 15 gol di Liga Champions, dan enam gol di Piala DBL.

Lewandowski sendiri bukanlah pemain berdarah Jerman. Hal ini membuat pemain asal Polandia ini menjadi pencetak gol terbanyak kedua non-Jerman di Bundesliga.

Dia saat ini mencetak gol 363 gol dan masih membutuhkan lebih dari 100 gol untuk menyusul pemilik rekor, Claudio Pizaro yang mencetak 490 gol.

Laga pembukaan musim 2020/2021  lalu, Lewandowski melangkahi Karl Heinz Rummenigge sebagai urutan kedua pencetak gol terbanyak Bundesliga. Dia mencetak 217 gol di liga untuk Bayern dengan pemilik terbanyak masih oleh Muller dengan 365 gol.

Lewandowski mencetak setidaknya satu gol dalam sepuluh pertandingan Bayern Munich melawan Schalke. Tidak ada pemain lain yang pernah berhasil mencetak gol di sembilan pertandingan berturut-turut dengan mencetak gol saat menghadapi klub tertentu.

Lewandowski menjadi pemilik trofi //Torjägerkanone// atau top skorer Bundesliga selama enam kali beruntun. Namun dalam setiap tahun, ada rekor baru yang dicetak oleh Lewandowski.

Musim 2021, dia berhasil menjadi pencetak gol terbanyak di antara lima liga terbesar (Bundesliga, Liga Premier, Serie A, Ligue 1, dan La Liga) dengan 41 gol. Dia pun mendapatkan sepatu emas Eropa atas rekor tersebut.

Satu musim sebelumnya, Lewandowski menjadi pemain terbaik Bundesliga 2020. Dia pun mendapatkan titel pemain pria UEFA 2020, menyandangkan namanya di pemain terbaik FIFA 2020, menjadi topskorer di Bundesliga, DFBCup, dan Liga Champions, assist terbanyak di setiap kompetisi yang diikutinya, serta membawa Bayern Munich mendapatkan enam kejuaraan.

Musim 2020 pula , Bayern Munich mendapatkan juara di kompetisi Bundesliga, DFB Cup, Liga Champions, DFL Supercup, UEFA Supercup, serta Piala Dunia Antar Klub. Lewandowski mendapatkan trofi Bola Emas di Piala Dunia antar klub, pemain terbaik Jerman 2020, atlet Eropa terbaik, serta topskorer terbanyak di lima liga Eropa terbaik.

Pada musim 2019, Lewandowski telah menjadi top skorer di lima liga Eropa terbaik dengan 25 gol. Dia pun tetap mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dengan 37 gol.

Jika rekor Lewandowski dihitung dari kompetisi, dia pun mencatatkan banyak catatan apik. Seperti yang telah disebut, Lewandowski menjadi top skorer non-Jerman dengan 284 gol. Dengan jumlah gol yang sma, dia pun menjadi pemain Polandia yang menyandang topskorer Bundesliga.

Lewandowski turut memecahkan rekor sebagai pemain Polandia yang memainkan laga Bundesliga teranyak dengan 355 laga. Dia pun menjadi pencetak hattrick tercepat dengan tiga menit 22 detik, pencetak empat gol tercepat dengan lima menit 42 detik, serta menjadi pencetak lima gol terbanyak dengan delapan menit 59 detik.

Catatan terakhir di kompetisi Bundesliga adalah mencetak gol terbanyak sebagai pemain pengganti  dengan lima gol.Serta menjadi pemain non-Jerman yang mencetak 100 gol tercepat dari 168 gol.

Di kancah internasional pun Lewandowski memiliki rekor tersendiri. Dia mencatatkan pemain yang membela Polandia terbanyak dengan 128 laga. Dia pun mencetak top skorer bagi Polandia dengan 74 gol.

Dia pun mnejadi pencetak gol terbanyak di setiap babak penyisihan UEFA dengan 13 gol pada Euro 2016.

Lewandowski menjadi pencetak gol terbanyak di setiap jadwal FIFA, dengan mencetak 16 gol di kampanye kualifikasi PIala Dunia 2018. Dia pun menjadi pemilik rekor hattrick terbanyak di satu musim jadwal FIFA dengan tiga hattrick pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement